SOLOPOS.COM - Tim Damkar Sragen memadamkan api yang membakar kandang sapi milik warga Talangrejo, Kroyo, Karangmalang, Sragen, Senin (20/9/2021). (Istimewa-Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Sebuah kandang sapi milik Sri Mulyono, 42, warga Dukuh Talangrejo, RT 29/RW 12, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, Sragen, ludes terbakar pada Senin (20/9/2021) pagi.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran kandang sapi tersebut terjadi sekitar pukul 07.40 WIB. Musibah kebakaran kandang sapi itu bermula ketika kerabat dari Sri Mulyono membakar sampah di dekat kandang itu selepas Subuh atau sekitar pukul 04.45 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak lama kemudian, Sri Mulyono meninggalkan rumah menuju pasar. Sekitar pukul 07.40 WIB, korban kembali dari pasar dan mendapati kandang sapi di samping rumahnya terbakar.

Baca juga: Batu Keramat di Gebang Sragen Diyakini Sebagai Nisan, Begini Ceritanya

Ekspedisi Mudik 2024

Korban lantas berteriak minta tolong warga sekitar. Warga yang mendengar teriakan korban lantas berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Kandang sapi yang berisi tumpukan jerami kering membuat api sulit dipadamkan.

Rata dengan Tanah

Selanjutnya, warga meminta tolong Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar). Sesaat kemudian, tim Damkar Sragen meluncur ke lokasi untuk memadamkan api.

Berkat kerja keras tim damkar dibantu sukarelawan dan warga sekitar, api bisa dipadamkan.

Baca juga: RSUD Sragen Kini Punya Generator Oksigen Mandiri, Nilainya Rp6,4 Miliar

Namun, akibat kebakaran itu, kandang sapi itu rata dengan tanah sehingga tak bisa dimanfaatkan kembali.

“Objek yang terbakar berupa kandang sapi dan tumpukan jerami kering. Indikasi sumber api berasal dari sisa pembakaran sampah yang merembet ke tumpukan jerami kering. Kerugiannya berapa, belum bisa ditaksir,” papar Kasi Pemadam dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Anton Sujarwo, kepada Solopos.com.

Kebakaran kandang sapi itu, kata Anton, membuat panik warga sekitar. Pasalnya, kandang sapi itu berlokasi tak jauh dari permukiman warga.

“Warga khawatir api merembet ke rumah-rumah warga jika kebakaran kandang sapi itu tidak segera dipadamkan,” jelasnya.

Baca juga: Kronologi Penemuan Kerangka Manusia dan Tengkorak di Sambungmacan Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya