SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran memadamkan api di kandang ayam di Dusun Dungsoso, Wonokerto, Wonogiri Senin (5/4/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Kebakaran melanda sebuah kandang ayam di Dusun Dungsoso RT 001/RW 006, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Senin (5/4/2021) dini hari. Akibat kejadian itu, ribuan ayam mati terbakar.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.30 WIB itu menimpa kandang ayam milik Slamet Riyanto, warga Wonokerto, Wonogiri. Diduga, api yang bersumber dari pemanas ayam menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu petugas pemadam kebakaran atau Damkar yang turut bertugas, Novin Eko Prasetyo, mengatakan Damkar Wonogiri menerima laporan adanya kebakaran kandang ayam sekitar pukul 04.45 WIB.

Baca juga: Kaum Boro Wonogiri Ramai-Ramai Pulang Kampung, Ada Apa?

"Setelah mendapatkan informasi, kami langsung terjun ke lokasi kejadian dengan menggunakan dua unit mobil damkar beserta tujuh personel," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis pagi.

Menurut Novin, meski kandang berada di area tegalan akses menuju lokasi tidak sulit.

Korsleting Pemanas Ayam

Selain itu pemberi informasi juga cukup jelas dalam memberikan alamat lokasi sehingga tim Damkar Wonogiri bisa bergerak cepat. Api berhasil dipadamkan atau dikondisikan sekitar pukul 05.50 WIB.

"Kebakaran disebabkan karena korsleting dari pemanas ayam. Sebenarnya di kandang itu ada penjaganya. Namun pada pukul 03.00 WIB, penjaga itu bangun dan pulang ke rumah," ungkap dia.

Baca juga: 5 Kuliner Khas WGM Wonogiri Ini Wajib Dibeli Untuk Oleh-Oleh, Botok Ikannya Mantul Loh!

Ia mengatakan kandang ayam itu berkapasitas 5.000 ekor. Berdasarkan keterangan pemilik, ayam yang ada di kandang itu baru berusia tiga hari.

Sedangkan bangunan yang terbakar sekitar 60 persen. Ayam yang mati sekitar 50 persen dari jumlah keseluruhan. Sehingga yang mati mencapai ribuan.

"Saat kami tiba di lokasi belum banyak orang yang ada di sekitar sana. Namun beruntung sebagian ayam masih bisa diselamatkan. Kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta," kata Novin.

Baca juga: Rumah Kontrakan Penjual Cincau Wonogiri Terbakar, Motor, Kulkas, Dan TV Ludes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya