SOLOPOS.COM - Kenapa setir mobil Indonesia di kanan? (Autogaya.com)

Solopos.com, SOLO — Letak setir mobil di sejumlah negara berbeda-beda, ada beberapa negara menerapkan setir di kiri dan kendaraan melaju di kanan. Lantas kenapa setir mobil Indonesia di kanan?

Pertanyaan tersebut memang membuat banyak orang penasaran, karena di Indonesia masih dijumpai mobil tua dengan posisi setir di kiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Posisi setir di kiri kebanyakan adalah mobil Eropa yang pernah dibawa saat jaman kolonial. Namun kenapa setir mobil di Indonesia di kanan saat ini lebih banyak dijumpai.

Apakah karena produk mobil yang masuk ke Indonesia dipilih yang menggunakan setir kanan mengingat kendaraan melaju di kiri.

Atau karena ada sejarahnya. Penjelasannya seperti dikutip Solopos.com dari Gridoto.com, Otosia.com dan Carmudi.co.id.

Baca juga: Pelat Nomor Putih Mulai Berlaku Besok, Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kenapa setir mobil di Indonesia di kanan ternyata tidak terlepas dari sejarah mobil di sejumlah negara dan di Indonesia.

Berkendara di jalur kanan diawali sekitar akhir 1700-an. Karena negara seperti Perancis dan Amerika Serikat memboyong produk-produk tani menggunakan wagon yang ditarik oleh sepasang kuda.

Si kusir biasanya duduk di kuda sebelah kiri supaya bisa mengayunkan cambuk untuk mengontrol kawanannya. Lantaran dia duduk di sebelah kiri, ia melaju di jalur sebelah kanan.

Kemudian ketika Perancis dibawah Napoleon Bonaparte, negara-negara jajahannya, seperti Belanda, Italia, Jerman, dan Spanyol, semuanya beralih untuk mengemudi di sebelah kanan dengan setir di kiri.

Baca juga: Apakah Mobil Harus Dipanaskan Setiap Hari? Ini Penjelasannya

Belanda yang menjajah Indonesia dan semula menggunakan kendaraan setir di kanan pun akhirnya mengikuti kemauan perancis.

Namun, Indonesia yang menjadi negara jajahannya tetap menggunakan jalur kiri dengan setir tetap berada di kanan. Hal ini diperkuat lagi setelah Jepang menjajah Indonesia.

Kendaraan produk Jepang yang menggunakan setir di kanan juga semakin banyak masuk ke Indonesia. Postur tubuh orang Indonesia yang mirip dengan orang Jepang juga membuat nyaman setir di kanan.

Demikian penjelasannya kenapa setir mobil Indonesia di kanan hingga sampai sekarang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya