SOLOPOS.COM - Bus double decker rute Jawa-Aceh. (bus-truck.id)

Solopos.com, SOLO — Perjalanan luar kota antar provinsi atau antar pulau selain bisa menggunakan kendaraan pribadi juga memanfaatkan transportasi umum yang ada, salah satunya naik bus.

Tapi pernahkah membayangkan perjalanan naik bus dengan jarak tempuh ribuan kilometer dengan waktu tempuh puluhan jam hingga seratus jam lebih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ternyata di dunia ada juga rute bus terpanjang yakni di di wilayah Amerika Latin. Dikutip dari bus-truck.id, rute bus ini dari kota Lima yang juga Ibu Kota Peru menuju Rio de Janeiro di Brazil.

Mau tahu jarak rute bus ini? Jaraknya 6.200 kilometer dengan waktu tempuh 102 jam jika tanpa halangan dari Kota Lima menuju Rio de Janeiro.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut “Guiness World Records”, perusahaan otobis asal Peru bernama Ormeño yang sampai sekarang konsisten dengan rute eksotis itu dengan bus double decker.

Baca juga: Sejarah Pelat Nomor Solo AD, Ternyata Ini Maknanya

Menggunakan bus double decker yang dikenal dengan kenyamanannya, penumpang bus akan melintasi area hutan Amazon maupun pegunungan Andes.

Tentu ini sebuah pengalaman yang luar biasa naik bus sampai di ketinggian 3.500 di atas permukaan laut kemudian harus melakukan perjalanan selama 102 jam atau hampir lima hari.

Tidak hanya di luar negeri, ternyata di Indonesia juga ada rute bus terpanjang yang tidak saja antar kota antarprovinsi namun sudah menyeberang pulau.

Mau tahu? Rute bus terjauh di Indonesia yang juga menjanjikan variasi pemandangan serta pengalaman yaitu dari kota Bandung menuju Banda Aceh.

Baca juga: Arti Sebenarnya Bensin di Indikator E, Biar Tidak Repot

Rute bus terpanjang di Indonesia ini dilayani perjalanannya oleh PO Sempati Star dengan unit double decker. Tidak tanggung-tanggung jarak tempuhnya sejauh 2.662 kilometer.

Jarak tersebut akan melewati kota-kota seperti Jakarta, Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, maupun Medan.

Mayoritas akan melewati jalur tol yang tersedia baik di pulau Jawa maupun pulau Sumatera. Waktu tempuh sekitar 68 jam atau hamoir tiga hari.

Jika berminat harga tiket sekali jalan sekitar Rp930.000-an. Tetapi kalau berangkatnya dari Jakarta akan dikenai harga tiket sebesar Rp850.000-an.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya