SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Mobil mengisi BBM jenis Pertamax Turbo. (Autofun.co.id)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah baru saja menaikan harga bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex. Lantas apa beda Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Pertamax Turbo di pulau Jawa harga semula Rp14.500 per liter dengan adanya kebijakan tersebut harga BBM ini naik menjadi Rp16.200 per liter.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Kemudian Dexlite, bahan bakar ini harga semula di pulau Jawa hanya Rp12.950 kini harganya naik menjadi Rp15.000.

Sedangkan bahan bakar minyak yang juga mengalami kenaikan adalah Pertamina Dex dari semula di Pulau Jawa Rp13.700 naik menjadi Rp16.500.

Dikutip dari MyPertamina, Gridoto.com dan Autofun.com, dengan kenaikkan harga BBM tersebut, ternyata ketiga BBM itu memiliki sejumlah perbedaan.

Baca juga: Cek Fakta! Apakah Pelat Nomor Kendaraan Kredit dan Cash Beda?

Berikut beda Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex yang dijual di stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU untuk pemilik kendaraan.

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo adalah bahan bakar untuk kendaraan bensi yang memiliki rasio kompresi mesin 12:1 hingga 13:1 atau yang sudah disematkan turbocharged. Seperti mobil balap dan supercar.

Bahan bakar minyak ini memiliki angka oktan tertinggi atau RON 98 dan mengandung Ignition Boost Formula (IBF) yang membuat pembakaran lebih optimal. Jangan coba-coba menggunakannya untuk kendaraan di bawah rasio kompresi tersebut, mesin bisa ngelitik.

Dexlite

Bahan bakar minyak produk pertamina ini untuk kendaraan diesel. Dexlite memiliki kandungan cetane 52 dan kandungan sulfurnya maksimal 1200.

Angka cetane yang tinggi membuat sistem pembakaran lebih baik, juga menambah tenaga pada mesin. Kandungan sulfur di angka 52, membuat mesin dan emisi atau gas buang lebih bersih.

Baca juga: Pengumuman! Pertamina Kembali Naikkan Harga BBM dan Elpiji Nonsubsidi

Untuk diketahui beda Petamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex juga soal rata-rata jarak tempuh kendaraannya. Penggunaan 1 liter Dexlite rata-rata mampu menembuh jarak 16 km sampai 20 km.

Pertamina Dex

Pertamina Dex memiliki angka cetane 53, kandungan sulfur maksimal 300. Kandungan cetane yang lebih tinggi menjadikan mesin lebih bertenaga.

Sementara kandungan sulfur yang rendah pada Pertamina Dex membuat bahan bakar ini menjadi lebih ramah lingkungan sesuai untuk mobil dengan standar EURO 4.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya