[ X ] CLOSE

Kampus UNS Solo Janji Beri Keringanan & Kelonggaran Waktu Bayar UKT, Mahasiswa Jangan Khawatir

Pihak kampus UNS Solo berjanji memberikan keringanan dan kelonggaran waktu pembayaran UKT bagi mahasiswa.
Kampus UNS Solo Janji Beri Keringanan & Kelonggaran Waktu Bayar UKT, Mahasiswa Jangan Khawatir

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mengajukan permohonan keringanan kepada pihak kampus untuk memperpanjang masa pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Permintaan tersebut terungkap dalam audiensi virtual antara mahasiswa dengan pengelola kampus, Sabtu (31/7/2021). Audiensi diikuti mahasiswa dan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan dari pengelola dihadiri Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Ahmad Yunus, serta jajaran dekanat masing-masing fakultas dan unsur terkait.

Baca juga: Fadli Zon Komentari Baliho Puan Maharani: Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik & Benar

Mahasiswa menyebutkan bahwa proses pengajuan keringanan UKT mahasiswa belum tuntas meskipun sudah mendekati tenggat waktu pembayaran, yakni 7 Agustus 2021.

“Ada banyak mahasiswa yang keluarganya terdampak pandemi Covid-19. Mereka ini mengajukan keringanan biaya UKT, tetapi sampai sekarang ada yang belum beres karena banyak kendala di masa pandemi. Bahkan yang sudah diajukan ke kampus pun belum di-approve [disetujui] oleh pihak kampus. Oleh sebab itu, kami meminta tenggat waktu pembayaran UKT bagi mereka tanggal 7 Agustus 2021 ini diperpanjang,” ujar Ketua BEM UNS, Zakky Musthofa Zuhad kepada Solopos.com, seusai audiensi.

Baca juga: Kisah Misteri Eyang Watu, “Penunggu” Pasar Kota Sragen yang Keramat!

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Wakil Rektor Ahmad Yunus memastikan bahwa permintaan itu diterima. Menurutnya, mahasiswa UNS Solo yang mengajukan keringanan UKT ini akan diberi kelonggaran waktu pembayaran hingga semua persyaratan mereka terpenuhi.

“Khusus bagi pemohon keringanan UKT, kami sangat memahami situasi saat ini sehingga tidak harus tanggal 7 Agustus 2021. Selesaikan dulu saja semua persyaratannya,” ujar Yunus saat ditemui di kampus UNS Solo, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Soal Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19 di Solo, Sukarelawan Sukoharjo Pastikan Gratis

Sementara itu, kasus Covid-19 yang menimpa masyarakat juga menimpa para dosen UNS Solo, termasuk para tenaga kependidikan (tendik) yang mengurusi pelayanan mahasiswa. Sehingga proses persetujuan permohonan sebagian mahasiswa masih ada yang tertunda.

“Banyak di antara anggota staf pelayanan kami yang positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Meskipun semua bisa dilakukan online dari rumah, tetapi untuk verifikasi harus dilakukan secara manual, padahal mereka sedang memulihkan diri. Sehingga pelayanan menjadi terganggu,” imbuhnya.

Sementara itu, audiensi juga membahas topik lainnya yakni kebijakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan bantuan kuliah dalam masa pandemi Covid-19.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago