Kampus Unesa di Magetan Mulai Dibangun, Tahun Depan Terima Mahasiswa Baru

Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Kabupaten Magetan sudah mulai dibangun dan rencananya tahun depan sudah bisa terima mahasiswa baru.

Kamis, 29 September 2022 - 00:31 WIB Editor: Abdul Jalil | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Proses peletakan batu pertama pendirian kampus Unesa di Magetan, Kamis (22/9/2022). (Istimewa/unesa.ac.id)

Solopos.com, MAGETAN — Tak lama lagi di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, bakal berdiri kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Diperkirakan mulai tahun depan, Unesa di Magetan sudah akan menerima mahasiswa baru.

Proses pembangunan kampus Unesa di Magetan ini telah dimulai dengan peletakan batu pertama pada Kamis (22/9/2022). Saat ini proses pengerjaan kampus tersebut sudah dimulai.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, Cahaya Wijaya, mengatakan untuk proses pengerjaan pembangunan gedung kampus Unesa di Magetan sudah dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama pada 22 September lalu. Pembangunan gedung kampus tersebut dilakukan dalam skema multi years.

Dia menuturkan kampus Unesa ini berdiri di lahan seluas 13,5 hektare yang berada di Jalan Barat, Kecamatan Maospati, Magetan. Lahan yang digunakan untuk pembangunan gedung ini merupakan aset milik Pemkab Magetan.

Baca Juga: Tak Ada Unsur Pidana, Penyidikan Kasus Kematian Mahasiswi Unej Bakal Dihentikan

“Lahan tersebut sudah dihibahkan kepada Unesa. Kemarin juga ada pembebasan lahan untuk jalan masuk ke kawasan kampus,” kata dia, Senin (26/9/2022).

Banyak pertimbangan hingga akhirnya dipilih lahan tersebut sebagai tempat berdirinya kampus Unesa. Cahaya menyampaikan ketersedian aset lahan memang berada di lokasi tersebut. Selain itu, kawasan tersebut dinilai strategis karena dekat dengan daerah tetangga dan juga dekat dengan akses transportasi publik.

“Kan dekat dengan Stasiun Magetan, kemudian tidak jauh dari jalan utama,” kata dia.

Berdirinya kampus Unesa itu, lanjut Cahaya, diharapkan akan mengerek sektor ekonomi di kawasan tersebut. Tentunya akan berdampak pada sektor perekonomian masyarakat sekitar.

Baca Juga: Bentrokan Antar Perguruan Silat di Kediri, 15 Pesilat Ditetapkan Jadi Tersangka

Rektor Unesa, Nurhasan, mengatakan pemilihan lokasi kampus di Magetan tersebut didasarkan pada sejumlah kajian yang dilakukan secara matang oleh tim Unesa.

“Kampus ini dibangun atas kajian dan pertimbangan matang jauh-jauh hari. Ada kajian akademisnya, termasuk apa kebutuhan masyarakat semuanya dipertimbangkan,” kata pria yang akrab disapa Cak Hasan yang dikutip dari unesa.ac.id.

Pembangunan kampus di Magetan ini meliputi bangunan utama yang ditargetkan rampung Juli 2023. Setelah itu akan diisi dengan perlengkapan atau fasilitas yang dibutuhkan, sehingga pada tahun ajaran baru 2023 sudah bisa digunakan.

Baca Juga: 3 Hari 2 Kecelakaan Beruntun Terjadi di Madiun, 3 Tewas & 6 Kendaraan Ringsek

Mengenai program studi di kampus Magetan, lanjut dia, pada tahun pertama akan dimulai dengan empat prodi terlebih dahulu. Namun, ke depan akan ada 16 prodi yang rencananya dibuka di Multikampus Unesa Magetan.

“Ini konsepnya multikampus dan mahasiswa yang daftar bisa kuliah di Unesa pusat sembari menunggu pembangunan selesai dengan sistem hybrid,” jelasnya.

Cak Hasan menuturkan Unesa di Magetan ini merupakan bentuk kolaborasi dan kerja sama dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di daerah. Hal ini juga menjadi komitmen Unesa yang selangkah lagi hendak beralih status menjadi PTNBH.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif