SOLOPOS.COM - Direktur Polines Ir Supriyadi M.T (kiri) saat meninjau pelaksanaan ujian masuk jalur seleksi potensi akademi (SPA) di Kampus Polines Tembalang, Semarang Minggu (6/3/2016). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa)

Kampus Semarang, Politeknik Negeri Semarang (Polines), membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur seleksi potensi akademik (SPA).

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 2.337 tamatan selolah lanjutan tingkat atas mengikuti penerimaan mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines)  melalui jalur undangan atau seleksi potensi akademi (SPA).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Polines Ir. Supriyadi M.T. mengatakan jumlah mahasiswa baryu yang mendaftar melalui jalur SPA meningkat signifikan dibandingkan 2015 yang hanya 1.800 orang.

“Mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur SPA tahun ini [2026] ada kenaikan 25% dibandingkan tahun lalu,” katanya di sela-sela meninjau pelaksanaan ujian masuk mahasiswa baru jalur SPA  di Kampus Polines Tembalang, Semarang, Minggu (6/3/2016).

Dari 2.337 orang calon mahasiswa baru mendaftar melalui jalur SPA, lanjut dia setelah dilakukan verfivikasi berkas persyaratan yang lolos sebanyak 2.333 orang. ”Kuota mahasiswa baru yang diterima lewat jalur SPA sebanyak 30 persen dari total sebanyak 1.546 mahasiswa baru yang diterima Polines pada 2016,” ujar Supriyadi.

Perguruan Tinggi Vokasi
Banyaknya jumlah pendaftar di Polines Semarang ini, menurut dia, karena menjadi perguruan tinggi vokasi yang mencetak sarjana lulusan siap kerja pada bidang industri bisnis dan teknologi. Selain itu, masa kuliah di Polines relatif lebih pendek yakni tiga tahun untuk program diploma serta empat tahun untuk program sarjana terapan.

“Serta pertimbangan mudahnya mencari pekerjaan karena kurikulum di Polines dirancang relatif lebih banyak materi praktek daripada teori,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Polines Agus Santoso mengungkapkan selain melalui jalur SPA pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Penelurusan Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDKPN) dan kerjasama dengan PT PLN (Persero). Ada pula jalur ujian tertulis yakni Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) serta ujian mandiri (UM).“Informasi pendaftaran bisa dilihat di laman www.polines.ac.id,” tandas dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya