SOLOPOS.COM - Gedung Widya Puraya di Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang , Jateng. (Undip.ac.id)

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro, diminati 26.188 peserta dari 19 kota yang mengikuti seleksi masuk Undip.

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 26.188 peserta di Semarang, Jepara, Jogja, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Cibubur, Bandung, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarbaru, Batam, Bandar Lampung, Balikpapan, Denpasar, Makasar dan Padang yang berminat untuk menuntut ilmu di salah satu kampus di Kota Semarang itu mengikuti Ujian tulis (Utul) Seleksi Mandiri Universitas Diponegoro (Undip) secara serentak, Sabtu (8/7/2017).

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof. M. Zainuri menjelaskan peserta Utul Seleksi Mandiri Undip 2017 yang diselenggarakan secara serentak di 19 itu secara garis besar terbagi dalam dua bidang. Peserta Untuk bidang keilmuan sains dan teknologi ada 16.895, sedangkan 9.293 lainnya meminati bidang kelimuan sosial dan hukum.

Ekspedisi Mudik 2024

Dipaparkan Zainuri, jurusan Pendidikan Kedokteran masih menjadi pilihan favorit para pendaftar perguruan tinggi negeri yang berkampus di Semarang itu, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Ada 4.281 pendaftar di Seleksi Mandiri Undip 2017 yang ingin masuk ke jurusan Pendidikan Kedokteran tersebut.

Undip menggandeng Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undip dalam menyelenggarakan seleksi mandiri di 19 kota. “UM [Ujian Mandiri] Undip ini diselenggarakan di 19 kota di seluruh Indonesia dengan menggandeng IKA Undip. Selain Efisiensi waktu dan biaya bagi calon mahasiswa, juga agar semakin banyak peserta ujian, maka dapat meningkatkan potensi didapatkannya bibit unggul dari seluruh penjuru negeri,” ujar Zainuri seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari Humas Undip.

Zainuri mejelaskan seleksi mandiri yang digelar di 19 kota itu juga bertujuan agar peserta didik dari berbagai daerah mendapatkan kesempatan untuk kuliah di kampus Undip Semarang. “Ujian tulis ini digelar di berbagai daerah agar seluruh anak bangsa Indonesia bisa mendapat akses yang lebih besar untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas,” imbuhnya.

Meski diminati 26.188 pendaftar, salah satu kampus di Semarang tersebut hanya menyediakan 1.917 kursi pada Seleksi Mandiri Undip 2017 kali ini. Ditambahkan Zainuri, pendaftar dapat mengetahui hasil seleski itu pada Selasa (18/7/2017) mendatang. Seleksi mandiri merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Undip untuk angkatan 2017 selain dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya