SOLOPOS.COM - Ustaz Yusuf Mansur bersama Ustaz Maulana dan pengurus Ponpes Daarul Quran dan para santri. (Daqu Channel)

Solopos.com, TANGERANG — Ustaz Yusuf Mansur akan mewisuda 80 santri Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus, Kamis (30/6/2022) ini.

Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus adalah cabang dari Daarul Quran yang membebaskan santrinya dari kewajiban membayar alias gratis biaya pendidikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak masuk ke ponpes jenjang SMA itu para santri mendapat beasiswa hingga lulus.

“Mohon doanya, tanggal 30 Juni kami akan mewisuda santri beasiswa melalui Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus. Ada 80-an santri yang akan diwisuda, selanjutnya mereka akan mengikuti Wisuda Tahfizh Nasional diikuti oleh santri seluruh cabang Daarul Quran. Jadi pesantren ini khusus untuk anak-anak setingkat SMA dari latar belakang ekonomi kurang mampu,” ujar salah satu orang dekat Yusuf Mansur, Dwi Makmun, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/6/2022) lalu.

Baca Juga: Yusuf Mansur Jual Rumah untuk Tutup Utang Walisantri Daqu

Dwi menambahkan, wisuda nasional akan berlangsung di Pesantren Daarul Quran Ketapang, Tangerang pada 2 Juli 2022 mendatang.

Menurut Dwi, takhassus adalah pembeda antara santri di Daarul Quran yang membayar dan yang tidak. Santri yang masuk ke Ponpes Takhassus dibebaskan dari biaya sejak awal mendaftar hingga lulus sekolah.

“Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus menjadi bakti Daarul Quran untuk negeri. Melalui pesantren ini hadir para penghafal Alquran 30 juz setelah mereka berproses selama tiga tahun nyantri. Menjadi bakti untuk negeri karena di Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus para santri tidak dikenakan biaya apapun,” katanya.

Baca Juga: Yusuf Mansur Jual Rumah, Orang Dekat: Ustaz Tidak Bangkrut!

Sebagai salah satu pengembangan dakwah tahfizul Quran, lanjut dia, Yusuf Mansur setelah mendirikan pesantren berbayar di beberapa tempat juga memberi kemudahan kepada anak-anak Indonesia untuk bisa nyantri menghafal Alquran dipungut biaya.

Dimulai dari Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus Cinagara, Kabupaten Bogor pada tahun 2015 saat ini sudah ada 11 pesantren gratis di sejumlah kota.

“Kini sudah ada 11 Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus yang sudah berjalan. Medan, Palembang, Kemang Jakarta, Cimanggis Depok, Cinagara Bogor, Cikarang, Wanayasa Purwakarta, Brebes, Tegal, Semarang dan Banyuwangi. Alhamdulillah, Daarul Quran dengan dibina oleh Ustaz Yusuf Mansur terus mengevaluasi dan berupaya terus mengembangkan program beasiswa melalui Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus ini,” katanya.

Baca Juga: Yusuf Mansur: Dari Tangerang Daarul Quran Menyebar ke Lima Benua

Dwi menjelaskan, di Ponpes Daarul Quran Takhassus para santri menjalani pendidikan tiga tahun. Pada tahun ketiga ditambahi pendidikan sekolah untuk mengikuti ujian paket C.

“Jadi mereka lulus pesantren juga mendapatkan ijazah SMA. Setelah lulus mereka akan mengabdi satu tahun. Lokasi wisuda di Pesantren Takhassus Cikarang,” tutup Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya