SOLOPOS.COM - Anak kambing mili warga Kulonprogo memiliki tujuh buah kaki serta dua kelamin. (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO -- Seekor kambing di Kulonprogo, DIY, menarik perhatian khalayak. Pasalnya, kambing tersebut memiliki tujuh kaki serta dua kelamin.

Kambing unit tersebut milik Sumiyono, 40, warga Pesisir Pantai Bugel, Dusun Bugel I, Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan. Ia mengatakan kambing putih tersebut baru menginjak usia satu bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Lahirnya pas pertengahan bulan puasa kemarin. Awalnya saya tidak sadar ya, tapi setelah diperhatikan ternyata ada dua kelaminnya, tapi yang berfungsi hanya yang kelamin jantan," kata Sumiyono, Selasa (18/5/2021).

Oleh Sumiyono, anak kambing itu diberi nama Nanang Samudra. Kondisi fisiknya yang tak lazim membuat si empunya geleng kepala. Selain memiliki dua kelamin, cempe dari induk yang hanya melahirkan dua kambing itu memiliki tujuh kaki.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: 2 Pekan Berlalu, Tak Ada Perkembangan Berarti dari Penyidikan Kasus Satai Beracun di Bantul

kambing berkaki tujuh
Anak kambing mili warga Kulonprogo memiliki tujuh buah kaki serta dua kelamin. (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

"Empat kaki tumbuh normal dan berfungsi dengan baik. Sedangkan tiga kaki lainnya menempel di bagian belakang tubuh kambing ini. Kambing saya juga memiliki dua kelamin. Jalannya tidak normal. Kondisi kambing sehat," kata Sumiyono.

Sebelum cempe bernama Nanang itu lahir, Sumiyono mengatakan tidak ada tanda-tanda kelainan pada induk kambing. Sejauh ini, kambing itu menunjukkan pola yang lebih aktif ketimbang kambing lain seumurannya.

"Bedanya adalah soal asupan makanan. Saat ini, Nanang masih mengkonsumsi susu dari induknya. Tapi induknya seperti enggan memberikan susu kepada Nanang," kata Sumiyono.

Baca Juga: Waspadai Jebakan Juru Parkir Ilegal di Gembira Loka Zoo Jogja, Tarifnya Lima Kali Lipat

"Berbeda dengan anak-anak kambing lainnya dari indukan yang sama dengan kondisi tubuh normal. Bahkan, tak jarang sang induk seperti hendak menginjak Nanang ketika sedang menyusui," sambung Sumiyono.

kambing

Ia tidak berniat untuk menjual kambing uniknya karena ingin ia rawat sendiri hingga dewasa. "Namun, ketika sudah dewasa nanti ada yang menawar Nanang dan harganya cocok ya akan saya jual. Saat ini, saya masih cinta dengan kambing berkaki tujuh dan punya dua kelamin itu," kata Nanang.

Karena bentuknya yang tak lazim, anak kambing itu menjadi perhatian warga sekitar yang penasaran. Ada warga desa tetangga yang datang ke rumah Sumiyono hanya untuk melihat cempe berkaki tujuh dan berkelami ganda itu.

"Sejak kabar bahwa saya memiliki kambing berkaki tujuh dan punya dua kelamin, sejumlah warga datang ke rumah saya untuk foto-foto dengan kambing saya. Bahkan ada yang selfie juga," kata Sumiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya