SOLOPOS.COM - Aliran Kali Samin di Matesih, Karanganyar, yang hulunya di Tawangmangu. (Youtube)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kali Samin yang hulunya berada di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, menjadi bagian penting bagi sejarah perlistrikan Kota Solo pada zaman Praja Mangkunegaran.

Pada 1932, Praja Mangkunegaran membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Kali Samin, untuk menambah pasokan listrik. PLTA ini dibangun atas inisiasi KGPAA Mangkunegara VII untuk menambah pasokan perusahaan listrik swasta yang dikelola Praja Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, PLTA yang diresmikan pada 7 November 1932 itu hanya beroperasi selama tiga tahun. Hal ini disebabkan kebijakan pemerintah Hindia Belanda yang memonopoli industri perlistrikan.

Baca juga: Lempar Kail di Kali Samin Karanganyar, 2 Remaja Temukan Jasad Manusia

Kini, tidak ada lagi PLTA di sungai berarus deras itu. Sebagai informasi, Hulu Kali Samin ini berlokasi di Dusun Tarukan, Kelurahan Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Salah satu sumber airnya adalah Grojogan Sewu.

Kali Samin ini membelah wilayah Kecamatan Matesih. Hampir semua desa di Matesih dilalui aliran Kali Samin. Satu-satunya desa yang tidak dilalui aliran sungai ini adalah Desa Pablengan.

Baca juga: PLTA Kali Samin, Cikal Bakal Listrik Solo & Wisata Tawangmangu

Sampai saat ini, air yang mengalir di Kali Samin masih cukup jernih. Tanah yang dilalui sungai ini merupakan jenis tanah hitam yang cenderung berpasir.

Debit airnya cukup tinggi dan arusnya deras. Sehingga saat musim hujan tiba, apabila terjadi hujan deras di hulu, maka arus sungai ini sangat deras dan berbahaya.

Dalam catatan Solopos.com sudah banyak korban dari derasnya arus Kali Samin. Kebanyakan dari mereka yang hanyut terseret arus sungai ini meregang nyawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya