SOLOPOS.COM - Kali Pepe, Solo (JIBI/Solopos/Dok)

Kali Pepe, Solo (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO-Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menilai Kali Pepe bisa dijadikan sebagai pusat wisata Kota Solo. Kepala DPU Kota Solo, Agus Djoko Witiarso, Jumat (22/6/2012), mengaku memiliki gagasan untuk membuat Kali Pepe sebagai pusat wisata Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Agus, DPU bakal bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait untuk merealisasikan gagasan itu. Gagasan itu bakal disampaikan pada rapat perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Solo 2013 mendatang.

Ekspedisi Mudik 2024

Apabila Kali Pepe dibuat sebagai pusat wisata, ia yakin bakal mendongkrak perekonomian Kota Solo. “Kali Pepe sangat potensial, bisa menghubungkan fasilitas publik dan bisa digunakan untuk transportasi air. Kan bagus, Kali Pepe adalah satu-satunya sungai yang melintasi tengah Kota Solo,” jelasnya saat ditemui Solopos.com, Jumat (22/6).

Dalam pelaksanaannya nanti, sejumlah instansi terkait akan diajak bekerja sama dan bekerja sesuai tugas pokok masing-masing. “Misalkan bidang lingkungan hidup yang menggagas penanaman pohon di sekitar sungai, DPU yang mengurusi masalah septik tank komunal. Saya yakin kalau Kali Pepe bagus, masyarakat enggak perlu disuruh akan berdatangan mengunjugi Kali Pepe,” kata Agus.

Agus mengatakan sebagai langkah awal, DPU bakal membuat septik tank komunal di sepanjang aliran Kali Pepe. Pembuatan septik tank itu merupakan salah satu cara untuk membersihkan Kali Pepe dari limbah rumah tangga. Ia menilai, selama ini masyarakat sekitar selalu membuang limbah rumah tangga langsung ke Kali Pepe tanpa ada proses penyaringan sebelumnya. Kebiasaan tersebut membuat sungai menjadi kotor.

Menurut Agus, selain Kali Pepe, ada beberapa sungai di Kota Solo yang sistem drainasenya terganggu karena limbah rumah tangga. Namun, pada tahun ini DPU ingin fokus dalam pembenahan Kali Pepe. “Kali Pepe sebagai pilot project. Kalau berhasil, nanti kali lain juga akan kami bersihkan. Namun, ini bukan berarti sungai-sungai lain tak kami prioritaskan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya