SOLOPOS.COM - Wisata Kali Blendon Kendal (instagram/@adibintangozora)

Solopos.com, KENDAL — Pada umumnya, sungai rawa adalah area yang mungkin kurang menarik bagi sebagian orang. Namun berbeda dengan Kali Blandon di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang berhasil disulap menjadi spot menarik untuk berswafoto cantik.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Merdeka Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022), Kali Bladon yang sebelumnya hanya sebatas sungai rawa pinggir sawah dan kurang menarik ini berhasil disulap menjadi spot Instagramable yang indah dan eksotia layaknya berwisata di Venesia, Italia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan hamparan pemandangan sawah, pengunjung dapat menikmati panorama hamparan sawah sambil bersantai di atas  kasur apung unik dan menikmati semilirnya angin persawahan. Pengunjung juga akan menikmati nikmatnya bersantai di bawah teduhnya pohon akasia yang ada di samping kanan dan kiri sungai.

Baca juga: Sate Gapit, Kuliner Daging Dijepit Khas Banyumas

Ekspedisi Mudik 2024

Wisata air buatan ini berlokasi di Dusun Krayapan, Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Keberadaan wisata ini dikembangkan oleh warga setempat yang memang ingin memberikan susana berswafoto yang menarik.

Pengelola wisata Syarif Hidayatulloh mengatakan bahwa wisata ini memberikan panorama pemandangan di rawa Bledoh yang unik dan targetnya adalah kalangan Gen Z dan milenial yang memang suka berswafoto dengan latar-latar unik. Pihaknya juga telah menyediakan aerlengkapan-perlengkapan pendukung, seperti kasur apung dan juga ayunan.

Selain kasur dan ayungan, disediakan pula perahu rakit yang juga bisa dinaiki dan memberikan sensasi wahana air tempo dulu yang menarik jika dijadikan unggahan di media sosial.

Baca juga: Asal-usul Dieng Wonosobo, Sang Kaldera Purba Raksasa

Wisata ini dibuka pada 2017 silam dan saat itu masih dikelola oleh warga setempat yang tergabung dalam Pokdarwis Kecamatan Brangsong. Syarief juga mengatakan bahwa pihak Dinas Pariwisata setempat juga sudah mengunjungi dan membicarakan pengembangan selanjutnya yang terkait wisata baru ini.

Syarief juga menjelaskan bahwa sebelumnya sungai rawa tersebut difungsikan sebagai saluran irigasi untuk pengairan sawah dan kemudian oleh warga setempat dikelola dan dijadikan tempat wisata yang juga dapat menambah sumber penghasilan warga.

Baca juga: Kupat Jembut Semarang Jadi Rebutan Tiap Lebaran

Wisata Kali Bladon ini berada di aliran sungai sepanjang 600 meter dan sekarang menjadi tempat favorit warga untuk liburan sederhana. Untuk bisa menikmati wahana di wisata Kali Bledon ini, pengunjung hanya membayar Rp2000 per orang dan sudah bisa berswafoto dengan sudut-sudut menarik.

Jika ingin menggunakan kasur apung dan rakit, pengunjung harus membayar biaya sewa sebesar Rp5.000/orang untuk kasur apung dan Rp10.000 per orang untuk rakit. Dengan menggunakan kasur dan rakit tersebut, pengunjung juga dapat menyusuri aliran sungai.  Wisata ini buka setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga jam 18.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya