SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MIAMI – — Final NBA berlanjut ke gim ketujuh. Miami Heat kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah mengalahkan San Antonio Spurs 103-100 di gim keenam melalui perpanjangan waktu.

LeBron James memotori kemenangan Heat dengan raihan triple double, 32 poin, 10 rebound dan 11 assist selama 50 menit di atas lapangan. Mario Chalmers menyumbangkan 20 poin, Dwyane Wade 14 poin dan Chris Bosh 10 poin.

Di kubu Spurs, Tim Duncan menjadi pengumpul poin terbanyak dengan 30 poin dan 17 rebound, Kawhi Leonard 22 poin diikuti Tony Parker dengan 19 poin, tiga rebound dan delapan assist.

Pada pertandingan di American Airlines Arena, Rabu (19/6/2013), Heat dipaksa mengakui keunggulan Spurs 25-27 di 12 menit pertama. Cuma mendulang 17 poin, Heat masih tertinggal dari tamunya di paruh jeda dengan kedudukan 44-50.

Kuarter ketiga masih dimiliki Spurs. Dengan perolehan 25 poin dan Heat cuma mencetak 21 poin, Spurs semakin jauh memimpin dengan margin 10 angka dalam kedudukan 75-65.

Heat baru benar-benar menaikkan performanya di kuarter akhir. Pasukan Erik Spoelstra ini perlahan-lahan mampu menyusul Spurs di pertengahan lewat lay up Ray Allen untuk membalikkan keadaan 84-82 atas Spurs.

Setelahnya, Heat berhasil menjaga jaraknya dari Spurs. Namun, situasi berbalik setelah Parker mencuri bola Chalmers dan three point shoot-nya berhasil masuk keranjang. Spurs kembali memimpin 91-89 dari Heat saat waktu sisa kurang dari semenit.

Sampai sisa kurang dari setengah menit, Spurs masih memimpin tapi tembakan tiga poin James terus menghidupkan asa Heat dan kedudukan kini 94-92 masih untuk keunggulan tim tamu.

Di sisa waktu 19 detik, Leonard membuat Spurs unggul 95-92 lewat dua tembakan bebasnya. Namun Allen ‘menyelamatkan’ Heat lewat three point shoot di lima detik terakhir dan laga berlanjut ke over time.

Setelah imbang 97-97 di 3:31, jump shoot Leonard dan dua tembakan bebas Parker membuat Spurs unggul 100-97. Allen dan James masing-masing menambah dua angka dan Heat berbalik unggul 101-100.

Heat seharusnya bisa ‘membunuh’ pertandingan di sisa 32 detik tapi justru kehilangan bola (turnover) yang membuat Spurs bisa kembali menyerang. Bosh melakukan blok krusial kepada Parker dan bola dikuasai Heat lagi.

Wade tidak mampu mengonversi jump shoot-nya dan Leonard sukses melakukan rebound. Di dua detik terakhir, Allen mencuri bola Manu Ginobili yang disusul foul Boris Diaw kepada Allen.

‘Si Raja Tiga Poin’ tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk benar-benar memangkan Heat setelah dua tembakan bebasnya masuk jaring.

Pertandingan terakhir atau penentuan gelar juara masih akan digelar di kandang Miami ini pada Jumat (21/6/2013) pagi waktu Indonesia. (JIBI/dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya