SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

foto: dtc

foto: dtc

POZNAN — Italia berhasil lolos dari lubang jarum dan meraih satu tiket ke delapan besar Piala Eropa 2012, setelah mengalahkan Republik Irlandia 2-0.

Bertanding di Municipal Stadium, Poznan, Selasa (19/6/2012) dinihari WIB, Italia tampil sangat dominan. Statistik Soccernet mencatat mereka unggul penguasaan bola hingga 67 persen dan melepaskan 26 tembakan dengan tujuh di antaranya tepat sasaran. Irlandia cuma menembak sembilan kali dan dua tepat sasaran.

Italia bikin sebiji gol di masing-masing babak. Setelah unggul lewat Antonio Cassano di paruh pertama, mereka melengkapinya dengan gol cantik Mario Balotelli di menit-menit akhir.

Hasil ini membuat La Nazionale mengumpulkan lima poin dari tiga pertandingan dan menempati urutan kedua Grup C. Mereka pun lolos sebagai runner-up di bawah Spanyol dan selanjutnya akan berhadapan dengan juara Grup D.

Sementara itu, Irlandia tetap di urutan buncit. Mereka selalu kalah di tiga laga.

Italia mendapatkan peluang menciptakan gol pada menit pertama lewat percobaan Daniele De Rossi. Namun, tendangan first time pemain AS Roma itu meneruskan umpan silang Antonio Di Natale masih melebar.
Di menit 36, Italia kembali mengancam lewat tendangan jarak jauh Cassano. Given gagal menangkap bola dengan baik dan terjadilah sepak pojok.

Dari sepak pojok itulah, Italia mencetak gol. Tendangan Andrea Pirlo sukses diteruskan oleh Cassano dengan kepalanya. Bola sempat dihalau Damien Duff, namun wasit menganggap telah terjadi gol karena si kulit bundar sudah melewati garis gawang.

Keunggulan 1-0 Italia tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Italia mendapatkan dua peluang bagus, tapi digagalkan oleh bek-bek lawan. Sepakan Di Natale dibendung St.Ledger, sedangkan tendangan Cassano diblok Richard Dunne.

Irlandia harus menyelesaikan laga dengan sepuluh pemain. Andrews diusir pada menit ke-89 karena menerima kartu kuning kedua.

Di masa injury time, Balotelli mencetak gol indah. Meski dikawal John O’Shea, dia masih bisa menyambut sepak pojok dengan tendangan gunting mematikan.JIBI/SOLOPOS/dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya