SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BILBAO — Kalah di laga pembuka Liga Spanyol sudah lama tak masuk kamus Barcelona. Kali terakhir mereka merasakan hal tersebut adalah 11 tahun silam saat Barca takluk 0-1 dari Numancia di pekan pertama musim 2008/2009. Itu sekaligus menjadi penanda debut Josep “Pep” Guardiola di Los Cules.

Namun memori buruk tersebut kembali menghantui saat Barca takluk dengan skor 0-1 dari Athletic Bilbao di San Mames, Sabtu (17/8/2019) dini hari WIB. Laga tampaknya bakal berakhir imbang sebelum Aritz Aduriz melesakkan gol spektakuler lewat sepakan akrobatnya di menit ke-89. Padahal saat itu Aduriz baru satu menit menjejakkan kaki di San Mames.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Absennya Lionel Messi yang masih mengalami cedera betis sekali lagi membuat Barca kehilangan kreativitas dan naluri mencetak gol. Trio Luis Suarez, Ousmane Dembele dan striker anyar Antoine Griezmann seperti kehilangan akal untuk menerobos pertahanan meski tim unggul penguasaan bola hingga 63%. Dilansir Sportkeeda, ini menjadi laga tanpa kemenangan keenam beruntun bagi Barcelona di semua kompetisi saat tidak diperkuat Messi.

Ernesto Valverde pun mangkel melihat kinerja lini depannya yang jauh dari optimal. Bagaimana tidak, trisula Barca hanya mencatat dua tembakan tepat sasaran dari 11 peluang. Griezmann yang ditempatkan sebagai winger kiri bahkan tampil buruk di laga debutnya dengan melepaskan tiga tembakan tanpa satu pun on target.

Secara keseluruhan lini depan Barca tak mampu membuat tembakan tepat sasaran. “Jika dia [Griezmann] berada di dekat kotak, dia bisa menyelesaikan peluang, dia membuat pergerakan bagus. Namun Anda harus mendominasi pemainan agar itu terjadi,” ucap Valverde seperti dilansir AS, Sabtu.

Barca seperti jatuh tertimpa tangga lantaran Suarez menyusul Messi masuk di daftar cedera. Pemain berjuluk El Pistolero itu hanya bermain 37 menit lantaran kesakitan pada kakinya. Padahal beberapa saat sebelum ditarik, Suarez sempat melepaskan tembakan yang mengenai tiang gawang. Kabar terakhir menyebutkan sang striker harus absen sekitar sebulan karena cedera betis.

Jika melihat statistik Bilbao di kandang musim lalu, barangkali tak terlalu mengejutkan apabila Barca keok di San Mames. Musim kemarin Bilbao cuma kalah dua kali dari 19 laga saat bermain di markas sendiri. Bilbao juga menjadi tim yang tak bisa dikalahkan Barca di Liga Primera selain Real Betis setelah bermain imbang 1-1 di Camp Nou dan 0-0 di San Mames. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya