SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota SAR gabungan melakukan pencarian orang hilang di perairan Sungai Grompol, Masaran, Sragen, Selasa (19/5/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN – Seorang pria tua warga Dukuh Klembon, Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Sragen, Tukiran, 60, diduga hanyut di Sungai Grompol, Selasa (19/5/2020) petang. Proses pencarian korban masih dilakukan hingga Rabu (20/5/2020) siang.

Tukiran kali terakhir dijumpai di dasar Sungai Grompol Sragen pada Selasa pukul 17.00 WIB. Kala itu dia mengenakan kaus putih dan bercelana abu-abu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tukiran asyik menyantap makanan yang dikirim kakaknya, Suyatmi. Suyatmi juga sempat membujuk adiknya meninggalkan dasar sungai karena cuaca mendung. Namun, bujukan Suyatmi ditolak oleh Tukiran. Suyatmi pun akhirnya meninggalkan Tukiran sendirian di dasar Sungai Grompol Sragen.

Diterjang Tanah Longsor, Rumah Warga di Kismantoro Wonogiri Ambrol

Tak lama kemudian, hujan deras mengguyur wilayah Masaran. Hujan membuat volume air di Sungai Grompol meningkat. Suyatmi mulai panik lantas menyusul ke sungai untuk mencari Tukiran pada Selasa petang. Namun, ia tidak menemukannya.

Suyatmi lantas melapor ke warga sekitar yang diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen. Sukarelawan dari berbagai instansi seperti BPBD, SAR Himalawu, SAR Poldes, Bagana, PMI Sragen, Polsek Masaran, Koramil Masaran dan lain-lain dikerahkan untuk mencari korban.

Mereka menyusuri Sungai Grompol Sragen dan Sungai Bengawan Solo. Sejak Selasa malam, sukarelawan juga memantau permukaan Sungai Bengawan Solo dari Jembatan Sari di perbatasan Plupuh-Masaran. Proses pencarian korban sempat terkendala derasnya arus dua sungai tersebut.

Kerja di Jogja, Perempuan 24 Tahun di Klaten Tengah Positif Covid-19

Gangguan Jiwa

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Tukiran yang memiliki gangguan kejiwaan sudah terbiasa tidur di dasar Sungai Grompol sejak tiga tahun terakhir. Kebetulan di tengah anak sungai Bengawan Solo itu terdapat gundukan tanah yang biasa dijadikan tempat bersantai sekaligus tidur bagi Tukiran.

Pihak keluarga sudah berusaha membujuk Tukiran supaya menghentikan kebiasaan tidur di sungai. Akan tetapi, ajakan keluarga selalu ditolak. Mau tidak mau, pihak keluarga harus mengirim makanan kepada Tukiran setiap harinya.

“Dia biasa tidur beralaskan tikar [di dasar sungai]. Kebutuhan makanaan dikirim saudara. Kebiasaan itu dilakukan sudah lama. Akhir-akhir ini, fisiknya sudah semakin lemah. Mudah-mudahan saja segera ketemu,” terang perangkat Desa Pilang, Vicky Amin, kepada Solopos.com.

Pura-Pura Pesan Susu, Pembeli Gondol HP Pemilik Warung di Timur RS Moewardi Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya