SOLOPOS.COM - Karyawan membuat kain lukis Nasrafa di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM), Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Minggu (14/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Produk kain lukis dari Nasrafa, salah satu UMKM di Kota Solo, berhasil menembus pasar Jepang. Pengiriman perdana produk untuk ekspor itu dilakukan akhir Maret ini.

Pemilik usaha Kain Lukis Nasrafa, Yani Mardiyanto, menceritakan perjalanan produknya hingga dilirik buyer Jepang. Ada empat jenis produk yang langsung diminati untuk segera dikirim ke Osaka, Jepang, akhir Maret 2022 nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Yani, cerita produknya sampai tembus pasar Jepang bermula sekitar setahun lalu ketika dirinya diundang Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah. Nasrafa yang merupakan UMKM dari Solo menjadi salah satu dari sekian UKM di Jawa Tengah yang dipilih mengikuti tahapan kurasi produk UKM Jawa Tengah.

Baca Juga: Wow, Produk Kain Lukis UMKM Solo Nasrafa Terbang ke Jepang Akhir Maret

“Kemudian yang terpilih di Jawa Tengah dikirim ke nasional. Di tingkat nasional dikurasi oleh buyer dan ITPC [Indonesian Trade Promotion Center] Osaka untuk langsung dikirim ke Osaka, Jepang. Ada lima produk UKM yang masuk seleksi itu. Tiga dari Jawa Tengah, salah satunya Nasrafa, satu dari Jakarta, dan satu dari Bali,” katanya saat wawancara dengan Solopos.com, Senin (7/3/2022).

Selanjutnya dari para pemilik usaha tersebut diundang untuk melakukan pertemuan virtual dengan buyer dan ITPC guna mempresentasikan produk masing-masing.

Baca Juga: Wali Kota Gibran Dorong UMKM Solo Naik Kelas dan Ramah Lingkungan

Pemesanan Perdana Rp120 Juta

“Khusus Nasrafa, kami mengirimkan sampel motif bunga sakura dari empat jenis produk, di antaranya tas goni lukis, pouch lukis, topi goni lukis, dan syal lukis. Keempatnya diterima dan malah ada tambahan permintaan motif yakni bunga genetia. Jadi barang yang dikirim memiliki dua motif bunga khas Jepang,” jelas pelaku UMKM di Solo itu.

Pada pemesanan perdana, buyer dari Osaka memesan senilai Rp120 juta untuk sekitar 300 item. Diharapkan setelah pemesanan perdana itu akan ada pemesanan lanjutan untuk memenuhi permintaan konsumen di Osaka, Jepang.

Baca Juga: Keren, Produk Kain Lukis UMKM Solo Ini Mampu Tembus Pasar Jepang

Selain dari Osaka, direncanakan juga ada buyer lain dari Jepang yang memesan. Namun saat ini masih dalam tahap kurasi. “Tapi untuk buyer yang satu ini melalui Konjen di Jepang. Juga melalui Dinas Koperasi UKM. Saya tidak tahu pasti berapa UKM yang terlibat, tapi kami salah satunya. Saat ini kami juga diminta untuk membuat e-catalogue produk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya