SOLOPOS.COM - Ilustrasi rapid test antigen penumpang KA (Istimewa/PT KAI)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan tarif baru rapid test antigen bagi calon penumpang kereta api di stasiun mulai Jumat (9/4/2021).

Jika sebelumnya tarif rapid test antigen bagi calon penumpang KA dibanderol Rp105.000, mulai Jumat ini turun menjadi Rp85.000. Penurunan tarif ini berlaku di seluruh stasiun kereta api yang melayani pemeriksaan rapid test antigen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedangkan untuk wilayah PT KAI Daops IV Semarang, hingga saat ini ada lima stasiun yang menggelar pemeriksaan rapid test antigen. Kelima stasiun itu yakni Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, Stasiun Tegal,Pekalongan dan Cepu.

Baca juga: Ingat! Mudik Lokal Tetap Diperbolehkan, Soloraya Termasuk Loh

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan layanan rapid test antigen di stasiun mulai diterapkan sejak 21 Desember 2020.

“Sejak diterapkan sudah ada sekitar 44.662 calon penumpang yang mengakses layanan rapid test antigen. Layanan itu di lima stasiun di wilayah PT KAI Daops IV Semarang,” ujar Krisbiyantoro, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, total ada sekitar 493.014 calon penumpang yang telah mengakses layanan rapid test antigen di 43 stasiun se-Indonesia sejak kali pertama diberlakukan.

Baca juga: AJI Semarang: Usut Tuntas Kasus Kekerasan Wartawan Tempo

Hasil rapid test antigen selama ini menjadi salah satu syarat bagi calon penumpang kereta api. Yakni penumpang yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Selain rapid test antigen, penumpang juga bisa menggunakan surat bebas Covid-19 dengan hasil pemeriksaan GeNose C19.

Namun, berbeda dengan hasil tes GeNose C19 yang masa berlakunya 1×24 jam. Hasil rapid test antigen berlaku selama tiga hari atau 3×24 jam.

“Aturan itu sesuai SE Satgas Penanganan Covid-19 No.12/2021 dan SE Kemenhub No.27/2021,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya