SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang menaiki kereta api di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Senin (26/10/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 12 perjalanan kereta api yang melintasi wilayah PT KAI Daops IV Semarang dibatalkan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, 3-20 Juli 2021.

Ke-12 KA itu terdiri dari 10 KA jarak jauh dan 2 KA Lokal. Untuk KA jarak jauh yang dibatalkan antara lain KA Argo Sindoro relasi Stasiun Gambir-Semarang Tawang PP, Argo Muria relasi Gambir-Semarang Tawang PP, Argo Chirebon relasi Gambir-Tegal PP, dan KA Brawijaya relasa Gambir-Malang.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Selanjutnya KA Gumarang relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi, KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang Tawang, dan KA Joglosemarkerto tujuan Purwokerto-Solo-Tegal-Semarang Tawang.

Baca Juga: PPKM Darurat, Okupansi Satu Digit Hantui Hotel di Soloraya

Ekspedisi Mudik 2024

Kemudian KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol, Tegal-Poncol, dan Brebes Poncol. KA Kertajaya relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi, KA Mataramaja relasi Pasarsenen-Malang.

Sementara itu dua KA lokal yang dibatalkan keberangkatannya yakni KA kelas ekonomi relasi Cepu-Surabaya Pasarturi PP, dan KA Kedungsepur relasi Semarang Poncol-Ngrombo PP.

Baca Juga: Patuhi PPKM Darurat, Nava Hotel Karanganyar Tetap Beroperasi dengan Prokes Ketat

Mengikuti Regulasi

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan pihaknya akan mengikuti regulasi yang tertuang dalam PPKM Darurat untuk pelayanan perjalanan KA.

Wujud mengikuti aturan PPKM Darurat itu salah satunya dengan menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Tawang.

“Pelaksanaan vaksinasi di stasiun ini bertujuan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan kereta api jarak jauh di masa PPKM Darurat. Inovasi ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19,” terang Krisbiyantoro dalam keterangan resmi, Minggu (4/7/2021).

Baca Juga: Begini Strategi Pengusaha Jateng Songsong PPKM Darurat

Selain Stasiun Tawang, Krisbiyantoro mengaku ada beberapa stasiun yang juga membuka pelayanan vaksinasi secara gratis. Stasiun itu antara lain Stasiun Gambir, Pasarsenen, Cirebon, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Jember.

“Syarat untuk bisa mengakses layanan ini [vaksinasi] harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket0 yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang H-1 sebelum keberangkatan. Khusus bagi ibu hamil bisa mendapat vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas Kesehatan dan bersedia divaksin atas kemauannya sendiri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya