SOLOPOS.COM - Sebagian suporter Bali United berfoto bersama di dalam Stadion Manahan Solo, Kamis (15/9/2022) malam WIB, sebelum kick off Liga 1 2022/2023 antara Persis Solo Vs Bali United. (Istimewa/Baligun Yokohama)

Solopos.com, SOLO – Pertandingan Persis Solo Vs Bali United pada pekan kesepuluh Liga 1 2022/2023, Kamis (15/9/2022) pukul 20.30 WIB tak hanya tentang permainan kedua kesebelasan. Beberapa suporter tim tamu Bali United ternyata bernostalgia sembari menyatakan kegagumannya dengan Stadion Manahan Solo yang sekarang.

Salah satu suporter Bali United, Baligun Yokohama atau yang akrab disapa Bligun mengungkapkan kenangannya di stadion markas Persis Solo tersebut. Ia juga menyampaikan komentarnya tentang kondisi Stadion Manahan saat ini yang dipakai untuk laga Persis Solo Vs Bali United.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dulu saya pernah ke Stadion Manahan Solo ketika Bali United bertanding di babak delapan besar Piala Presiden 2018. Banyak perubahan dari Stadion Manahan saat ini,” kata Bligun.

Saat itu, di perempat final Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Manahan, Bali United behadapan dengan Madura United. Disaksikan sekitar 6.000 penonton, kedua tim berbagi skor 2-2 pada babak reguler.

Dua gol Bali United dicetak Stefano Lilipaly pada menit ke-25 serta Ahmad Agung Setia Budi pada menit ke-68, sedangkan dua gol Madura United dilesakkan oleh Greg Nwokolo pada menit kesembilan dan bek yang saat ini membela Persis Solo, Fabiano Beltrame, pada menit ke-45+1.

Skor 2-2 membuat pertandingan harus diakhiri dengan adu tendangan penalti di mana Bali United sukses mencetak lima gol, sedangkan Madura United hanya mencetak empat gol. Bali United menang dengan skor 7-6 (2-2).

Baca Juga:  Susunan Pemain Persis Solo Vs Bali United: Samsul Arif Akhirnya Jadi Starter

Di semifinal Bali United berhadapan dengan Sriwijaya FC dalam format dua pertandingan. Bali United akhirnya memenangi laga dengan agregat skor 1-0 dan lolos ke babak final.

Di partai puncak Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 17 Februari 2018 dan disaksikan lebih dari 70.000 penonton, Bali United kalah dari Persija Jakarta dengan skor 0-3 lewat gol Marko Simic menit ke-20, 45+2 dan gol Novri Setiawan pada menit ke-62.

Kini suporter Bali United kembali menyambangi Stadion Manahan Solo saat tim kesayangan mereka menghadapi Persis Solo di Liga 1 2022/2023.

Bligun bersama rekan-rekannya dari kelompok suporter Bali United sengaja datang lebih awal ke Manahan untuk bisa punya waktu lebih banyak melihat-lihat kondisi stadion saat ini.

“Setelah saya keliling Stadion Manahan Solo, saya sangat terkesima, saya sangat kagum dengan Stadion Manahan Solo yang sekarang ini setelah direnovasi untuk pergelaran Piala Dunia U-20 tahun depan 2023. Sempat saya mengintip dari luar pagar, dari luar pintu, di dalam stadion seperti apa, sangat menakjubkan,” ucap Bligun kepada Solopos.com, Kamis (15/9/2022) petang WIB.

Baca Juga: Suporter Bali United: Kami Ingin Bersahabat dengan Persis Solo Fans Selamanya

Saat sudah berada di dalam stadion, Bligun bersama suporter Bali United tak bisa menyembunyikan kekaguman mereka terhadap kemegahan Stadion Manahan Solo.

“Tadi begitu ada di dalam terus terang saya kagum. Beda sekali dengan saat kami ke sini tahun 2018 (Piala Predisen). Luar biasa. Tadi saya sempat ngobrol dengan teman-teman, pada bingung dulu sempat duduk di mana gitu (ketika 2018), sudah berbeda semua, tribune sudah tertutup semua. Tapi beberapa sisi bangunan saya masih ingat,” ucap Bligun saat sudah di dalam Stadion Manahan, Kamis malam.

Ia juga menyebutkan, Stadion Manahan sangat layak untuk Piala Dunia U-20 2023. “Sudah layak ini, kami ikut senang,” ucapnya.

Suporter Bali United lainnya, Widek, juga menyampaikan komentarnya tentang Stadion Manahan Solo.

“Stadion Manahan Solo sudah cukup baik untuk Piala Dunia U-20 2023. Semoga ke depan timnas Indonesia bisa bermain bagus dan ditunjang dengan infrastruktur, lapangan yang bagus, stadion yang bagus,” ujar Widek.

Baca Juga: Persis Solo Vs Bali United, Coach Rasiman: Kami Siap Beri Kejutan

Di sisi lain, suporter Bali United juga berharap pembangunan infrastruktur di luar stadion bisa segera dirampungkan agar tertata dengan lebih baik lagi.

“Pokoknya stadion sudah layak untuk Piala Dunia U-20, cuma yang di luar stadion sebisa mungkin segera diselesaikan, apa itu kebun, taman dan lain-lain,” ucap mereka memberi masukan sambil sedikit bercanda.

Sebagian suporter Bali United telah tiba di Solo pada Kamis (15/9/2022) siang WIB. Mereka menyatakan berangkat dari Titik Nol Denpasar pada Rabu (14/9/2022) pukul 19.00 WITA dan menempuh perjalanan darat, melintasi jalur Tol hingga tiba di Solo pada Kamis (15/9/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, pihak pendukung Bali United menyatakan mereka dapat alokasi tiket (tim tamu) sekitar 600 lembar. Ketua Panpel Pertandingan Persis Solo, Ginda Ferachtriawan, kepada Solopos.com, Kamis siang menyebutkan informasi awal yang ia terima sebanyak 450 suporter Bali United datang ke Solo.Mereka ditempatkan di sayap utara tribune VIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya