SOLOPOS.COM - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Soloraya memotong tumpeng membagikan tumpeng saat umbul donga dan potong tumpeng di depan Pasar Gede Solo, Kamis (17/10/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Keluarga Alumnus Universitas Gadjah Mada (Kagama) Soloraya menggelar umbul donga dan potong tumpeng di halaman Pasar Gede Solo, Kamis (17/10/2019), sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan itu untuk mendoakan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang akan dilantik sebagai Presiden dan Wapres periode 2019-2024 pada Minggu (20/10/2019) mendatang. Penyelenggara acara menyiapkan tujuh tumpeng nasi kuning.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah prosesi doa, sebanyak tujuh tumpeng nasi kuning dipotong dan dibagikan kepada masyarakat di sekitar lokasi acara. Sejumlah pedagang pasar, pengunjung, penarik becak, dan petugas satpam Pasar Gede ikut menikmati nasi kuning dengan aneka lauk.

“Saya memang biasanya belum sarapan saat berangkat bertugas. Tadi cuma minum kopi. Bersyukur ada nasi tumpeng dengan lauknya,” ujar Sumarno, 44, yang tujuh tahun terakhir bekerja sebagai petugas satpam di pasar tradisional ikon Kota Solo.

Sebagai warga Solo Sumarno berharap prosesi pelantikan Jokowi-Amin hari Minggu berlangsung lancar, tertib dan aman. Dia juga mendoakan agar pasangan orang nomor satu dan di di negeri ini diberikan kebijaksanaan agar mampu menyejahterakan bangsa Indonesia.

Penuturan senada disampaikan Titik Marminah, 71, anggota Kagama Soloraya. Perempuan yang mengambil jurusan Farmasi semasa di UGM itu mengajak seluruh bangsa Indonesia, utamanya warga Solo, mendoakan Jokowi-Ma'ruf agar mampu menyejahterakan rakyat.

“Tumpeng yang kami bagikan untuk dimakan bersama berjumlah tujuh karena Pak Jokowi itu kan Presiden ketujuh. Selain itu tujuh itu dalam bahasa Jawa kan artinya pitu. Jadi kami mohonkan pitulungan [pertolongan] Tuhan untuk Pak Jokowi dan Kiai Amin,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya