SOLOPOS.COM - Panggung kecil di depan Gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali disiapkan untuk menghibur para relawan Jokowi yang menginap di AHD saat pernikahan Kaesang Pangarep. Foto diambil Kamis (8/12/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 15.000 relawan pendukung Presiden Joko Widodo atau Jokowi dari berbagai daerah di Tanah Air akan membanjiri Kota Solo untuk ikut mangayubagya Kaesang Pangarep yang menikah dengan Erina Gudono, Sabtu-Minggu (10-11/12/2022).

“Diperkirakan 15.000 relawan akan datang ke Solo untuk Mangayubagyo pernikahan Mas Kaesang. Yang sudah berkoordinasi dengan saya 13.500 orang lebih. Mereka dari banyak organisasi relawan, tak bisa disebutkan,” ujar Koordinator Sukarelawan Jokowi di Solo, Kuat Hermawan Santoso, saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (8/12/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Kuat, ribuan sukarelawan sudah ingin datang ke Solo beberapa hari terakhir ini. Namun sejauh ini mereka bisa ditahan atau diminta agar datang pada hari H atau H-1 tasyakuran pernikahan Kaesang di Pura Mangkunegaran Solo.

Kuat mengatakan para sukarelawan berdatangan ke Solo saat Kaesang Pangarep menikah menggunakan berbagai transportasi, seperti mobil, bus, pesawat, dan kereta api. “Ini kami minta teman-teman agar datang Sabtu atau Minggu,” ujarnya.

Kuat menjelaskan dari 15.000 sukarelawan yang datang ke Solo, sebanyak 9.000 orang diperkirakan tiba di Solo pada Sabtu. Sedangkan sekira 5.000 sukarelawan diperkirakan tiba di Solo pada Minggu atau hari H.

Baca Juga: Tampung Relawan Jokowi Tamu Nikahan Kaesang di Solo, AHD Siapkan 6.000 Kasur

“Bagi yang tiba hari Sabtu kami sediakan tempat untuk menginap di Asrama Haji Donohudan [AHD] yang memiliki kapasitas 6.000 orang, Edutorium UMS 2.500 orang hingga 3.000 orang dan Sport Hall Terminal Tirtonadi,” katanya.

Difasilitasi Bus

Kapasitas tampung Sport Hall Terminal Tirtonadi Solo diperkirakan sekitar 1.150 orang. Sementara untuk keberangkatan para sukarelawan ke Pura Mangkunegaran Solo saat Kaesang Pangarep menikah, menurut Kuat, akan difasilitasi menggunakan ratusan bus.

“Kami berangkatkan dari AHD pukul 05.00 WIB naik bus, jumlah busnya 120 bus. Yang di Edutorium sementara saya alokasikan 40 bus. Di terminal ada 170 bus. Semua diarahkan langsung ke Pura Mangkunegaran,” urainya.

Baca Juga: Becak dan Andong Batal, Semua Tamu Undangan Nikahan Kaesang Diantar Shuttle Bus

Sebelumnya, Kepala Pengelola Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Bambang Sumanto, mengatakan sudah siap untuk menampung relawan Jokowi dari seluruh Tanah Air yang akan hadir di Solo saat Kaesang Pangarep menikah.

“Kami awalnya mempersiapkan kasur untuk menampung sebanyak 5.000 relawan Jokowi yang akan datang saat pernikahan Kaesang-Erina, namun ternyata jumlahnya bertambah menjadi 6.000, ya kami siapkan,” kata Bambang saat ditemui Solopos.com, Kamis (8/12/2022).

Bambang mengatakan selain kasur untuk tidur, akan disediakan pula 70 toilet portabel dan panggung hiburan kecil untuk mereka. Para relawan pendukung Jokowi yang menginap di AHD, lanjut Bambang, akan dilayani mulai Sabtu (10/12/2022). Jika datang sebelum hari yang ditentukan, mereka akan diminta menunggu terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya