SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Amin Hidayat menyerahkan piala dan piagam kepada juara lomba menulis tentang vaksinasi Covid-19 tingkat SD di Pendapa Setda Grobogan, Sabtu (26/3/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI — Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Grobogan Amin Hidayat mengaku terkejut dengan tulisan siswa SD dalam lomba menulis pengalaman mereka mengiktui vaksinasi dalam lomba menulis bertemakan vaksinasi Covid-19.

“Kebetulan saya kan juri tamu untuk peserta dari tingkat SD. Saya kaget, mereka sangat menguasai sampai detail-detail varian coronya itu hapal. Saya akui ide dalam penulisannya juga kreatif sesuai pengalaman siswa SD,” jelas Amin, Sabtu (26/3/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lomba menulis yang diikuti siswa SD, SMP dan SMA tersebut digelar dalam rangka HUT Kabupaten Grobogan, Hardiknas dan HUT Bhayangkara. Dinas Pendidikan menggandeng sejumlah pihak dalam kegiatan ini

Baca juga: Waduk Pertama Indonesia Ada di Grobogan, Ini Kisah Pendiriannya

Tema untuk lomba menulis, sesuai kriteria peserta. Untuk siswa SD tentang pengalaman mereka mengikuti vaksinasi Covid-19, siswa SMP cerpen tentang vaksinasi dan siswa SMA karya tulis tentang vaksinasi Covid-19.

“Tujuannya untuk memotivasi semua komponen untuk percepatan vaksinasi Covid-19 terutama di Kabupaten Grobogan. Lantas kenapa sekolah ikut mengambil peran, karena kita ingin siswa bisa segera mengikuti pembelajaran tatap muka,” ujar Amin Hidayat.

Total peserta lomba ini 146 siswa, kemudian lanjutnya, karena saat ini masih pandemi Covid-19 peserta dibatasi. Setelah diseleksi dari masing-masing tingkat pendidikan dipilih 10 siswa untuk mengikuti grandfinal.

Baca juga: Pengejaran Pencuri di Grobogan, Berujung Kematian Pengendara Motor

Kegiatan tersebut dihadiri juga Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Teguh Harjokusumo mewakili Bupati Grobogan, Kapolres Grobogan diwakili oleh Kabag Log Kompol Parno.

Kasi Humas AKP Umbarwati menyampaikan kegiatan lomba ini untuk mengajak siswa yang selama pandemi hanya menjalani pembelajaran secara daring untuk berkreativitas. Melalui tulisan pengalaman mereka terkait vaksinasi, ini sebagai bagian budaya literasi.

Untuk juara tingkat SMA, juara 1 dari SMAN 1 Grobogan, juara 2 dari SMAN 1 Gubug, dan juara 3 dari SMAN 1 Gabus. Tingkat SMPN, juara 1 SMPN 1 Purwodadi, juara 2 SMPN 2 Toroh dan juara 3 SMPN 1 Gubug. Sedangkan tingkat SD, juara 1 SDN 1 Plosorejo, juara 2, SDN 4 Purwodadi dan juara 3, SDN 3 Gundih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya