SOLOPOS.COM - Pengurus Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sukoharjo berfoto bersama Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, (tengah), di Kantor Bupati Sukoharjo Rabu (23/2/2022). (Istimewa-dok Kadin Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sukoharjo berencana menyelenggarakan Kadin Creative Expo di Hartono Mall Solo Baru pada Maret 2022 mendatang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan produk-produk unggulan UMKM Sukoharjo agar perekonomian masyarakat segera bangkit.

Ketua Kadin Sukoharjo, Kadar Susanto, mengatakan rencana penyelenggaraan Kadin Creative Expo sudah dipaparkan oleh pengurus Kadin Sukoharjo kepada Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, pada Rabu (23/2/2022) siang. Berdasarkan hasil paparan yang disampaikan, Kadar menjelaskan Bupati mendukung rencana pemulihan ekonomi masyarakat tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Benar kami berencana membuat Expo guna mengenalkan kepada masyarakat produk-produk UMKM unggulan yang dimiliki Kabupaten Sukoharjo. Kami tadi sudah audiensi dan hasilnya memang kami didukung. Rencananya akan kami selenggarakan Maret 2022,” jelas Kadar ketika dihubungi Solopos.com, Rabu.

Baca juga: Walah, Pipa Limbah PT RUM Sukoharjo di Gupit Patah Lagi

Kadar menerangkan nantinya sebanyak 20 pelaku UMKM di Sukoharjo akan digandeng berpartisipasi dalam gelaran tersebut. Puluhan pelaku UMKM tersebut menjadi perwakilan seluruh UMKM di Sukoharjo sesuai bidang usaha. Selain pelaku UMKM, rencananya akan ada dua bank yang digandeng untuk memberikan kemudahan akses dalam hal pinjaman modal usaha.

“Sebenarnya kami ingin mengajak lebih banyak lagi, tapi karena kuota yang diberikan dari tempat yang kami adakan hanya 20 booth saja, jadi kami hanya bisa mengajak sebanyak itu saja. Nanti kami pilih usaha paling unggul sebagai perwakilan dari UMKM lainnya,” imbuh dia.

Banyak Usaha Terdampak Pandemi

Kadar mengaku kegiatan tersebut sebagai sarana membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya sektor UMKM. Hal ini lantaran di masa pandemi Covid-19, banyak usaha-usaha di Sukoharjo yang terdampak. Sehingga diharapkan melalui kegiatan tersebut langkah percepatan membangkitkan ekonomi bisa segera terwujud.

Baca juga: 2.413 Pegawai Non-PNS Pemkab Sukoharjo Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

“Pastinya kami utamanya membangkitkan ekonomi UMKM. Selain itu, kami juga ingin mengenalkan kepada masyarakat produk-produk unggulan asal Sukoharjo yang tidak kalah dengan produk lainnya yang ada di pasar,” papar dia.

Meskipun begitu, rencana penyelenggaraan Kadin Creative Expo terbentur meningkatnya kembali status PPKM di Sukoharjo. Kadin Sukoharjo saat ini masih menunggu diterbitkannya izin dari Pemkab Sukoharjo.

“Kalau nanti memang tidak bisa terpaksa kami undur sampai izin diberikan. Intinya agenda ini akan tetap berjalan sembari melihat situasi pandemi Covid-19 saat ini,” ucap dia.

Baca juga: Didatangi Tim, Pedagang Tetap Emoh Masuk Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sukoharjo, Oma Nuryanto, mengatakan PHRI juga akan mendukung kegiatan Kadin Creative Expo dengan memberikan tempat di 25 hotel untuk para pelaku UMKM dan usaha pariwisata. Selain untuk membangkitkan ekonomi, langkah tersebut juga untuk memberikan kemudahan pengguna jasa hotel di Sukoharjo untuk membeli oleh-oleh dan informasi wisata.

“Intinya kami mendukung dan mengapresiasi. Dengan adanya Kadin Expo ini, selain upaya percepatan pemulihan ekonomi juga memberikan keuntungan juga bagi para pelaku usaha dengan memberikan kemudahan bagi konsumen,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya