SOLOPOS.COM - Kacang hijau. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Tak sedikit ibu hamil (bumil) percaya makan kacang hijau saat hamil dapat membuat rambut bayi lebat. Anggapan ini didasari informasi mengenai tingginya kandungan nutrisi padamakanan ini.

Bayi dengan rambut lebat memang lucu dan menggemaskan, sehingga tak heran cukup banyak ibu hamil melakukan segala cara salah satunya makan jenis makanan tertentu, seperti kacang hijau.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tapi benarkah makan kacang hijau bisa bikin rambut bayi tumbuh lebat? Selama hamil, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat secara teratur agar tumbuh kembang janin berjalan optimal. Asupan nutrisi yang tercukupi juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh Bumil dan menambah berat badan saat hamil.

Baca Juga: 5 Keterampilan Ini Harus Dikuasai Sebelum Menikah, Apa Saja?

Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi saat hamil adalah kacang hijau. Pasalnya, kacang hijau kaya akan folat. Tercukupinya asupan asam folat saat hamil dapat mencegah bayi mengalami cacat bawaan lahir, seperti spina bifida dan anensefali.

Mengutip dari laman alodokter.com, Selasa (7/9/2021), mengonsumsi 1 cangkir (200 gram) kacang hijau sudah dapat memenuhi sekitar 40% asupan folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, kacang hijau juga mengandung antioksidan dan beragam nutrisi lain yang baik untuk tumbuh kembang janin.

Kacang hijau memang baik dikonsumsi untuk mendukung proses tumbuh kembang janin. Namun, hingga saat ini, belum ada penelitian yang secara spesifik membuktikan bahwa makanan ini dapat membuat rambut bayi menjadi lebih lebat.

Baca Juga: Papan Reklame Ultah Jungkook BTS Diturunkan, ARMY Pakistan Kecewa

Pada dasarnya, memang belum ada cara yang terbukti benar-benar efektif untuk membuat rambut bayi lebat ketika lahir. Perlu diketahui bahwa warna, bentuk, dan jumlah rambut bayi saat lahir sebagian besar ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan.

Ketika lahir, umumnya bayi juga akan mengalami kerontokan rambut hingga usianya sekitar 6 bulan. Ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon di dalam tubuhnya. Kerontokan ini merupakah hal yang normal, dan seiring bertambahnya usia bayi, rambutnya akan tumbuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Setelah Tahu Tanda-Tanda People Pleaser, Begini Menghentikannya

Sehingga anggapan yang menyebutkan bahwa konsumsi kacang hijau saat hamil membuat rambut bayi lebat, ternyata hanyalah mitos belaka. Meski demikian, kacang hijau tetap baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Bumil dan janin.

Yang perlu diingat adalah jangan sampai keinginan untuk memiliki bayi berambut tebal membuat  ibu hamil mengabaikan asupan makanan sehat lainnya. Seperti apa pun bentuk rambut bayi nantinya, yang paling penting adalah ia lahir dalam keadaan sehat dan dengan berat badan yang cukup.

Karena itu selama kehamilan,  selain rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan suplemen kehamilan, ibu juga disarankan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta hindari merokok dan minum minuman beralkohol agar kesehatan janin dan ibu tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya