SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Kaca helm kotor. (Astramotor-md.co.id)

Solopos.com, SOLO — Salah satu perangkat safety riding bagi pengendara sepeda motor adalah helm. Hanya saja sering kaca helm terkena kotoran sehingga mengganggu pandangan.

Apabila hal ini dibiarkan akan menurunkan fungsi kaca helm yang melindungi pengendara motor dari debu, pasir, hewan, juga sinar matahari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hanya saja pemilik helm sering kali menganggap sepele kotoran yang menempel di kaca helm. Padahal fungsinya penting bagi pengendara motor.

Untuk itu ada baiknya Anda sebagai pemilik rutin membersihkan kotoran pada kaca helm agar tetap kinclong dan tidak mengganggu pandangan saat berkendara di jalan.

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut tips membersihkan kaca helm agar kembali bersih dan tidak buram seperti dikutip Solopos.com dari Astramotor-md-co.id.

Baca juga: Pelat Nomor Untuk Mobil Listrik Berbeda Dengan Mobil Biasa

Lepaskan kaca helm.

Apabila kamu membersihkan kaca helm dengan kondisi masih terpasang, ini tentu akan mengganggu saat melakukan pembersihan.

Basahi kaca helm.

Kemudian basahi kaca helm dengan air bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan seluruh debu atau kotoran yang menempel pada permukaan kaca.

Gunakan visor cleaner.

Sesuai namanya, alat ini dibuat secara khusus untuk membersihkan permukaan kaca helm yang kotor dan memiliki noda yang membandel.

Perlu diketahui bahwa produk visor cleaner yang bagus ialah yang terbuat dari alcohol-based karena akan jauh lebih mudah menguap dan tidak meninggalkan noda bekas cairan.

Baca juga: Jalan Beton Bikin Ban Mobil Cepat Aus, Fakta Atau Mitos

Semprotkan atau oleskan visor cleaner ke permukaan kaca helm, tunggu sekitar 2-5 menit barulah dilap dengan kain microfiber bersih atau bisa juga dengan tisu.

Bilas dengan air bersih

Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan, lanjut dengan membilas kaca helm tersebut menggunakan air bersih dan mengelapnya sampai benar-benar kering.

Tujuannya agar kaca helm tidak lembab dan bekas air yang dibasuhkan tadi tidak membekas. Lakukan perawatan ini secara rutin agar kaca tetap kinclong.

Salah satu perangkat safety riding bagi pengendara sepeda motor adalah helm, jadi harus dirawat dengan baik terutama kaca helm.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya