SOLOPOS.COM - Peserta berfoto bersama setelah menjalani kursus pelatih lisensi D PSSI di Kabupaten Sukoharjo pada 15 hingga 21 Mei 2022.

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 31 pelatih asal Sukoharjo selesai menjalankan kursus kepelatihan lisensi D PSSI di Kabupaten Sukoharjo pada 15 Mei 2022 hingga 21 Mei 2022 lalu. Hal itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo dan Askab PSSI Sukoharjo mencetak pelatih-pelatih sekolah sepak bola (SSB) di Sukoharjo yang berkualitas.

Ketua Panita Pelaksana Pelatihan, Dwi Joko, kepada Solopos.com, Selasa (24/5/2022), mengatakan pelatihan itu terbagi dalam dua sesi secara teori dan praktik. Pelatihan teori digelar di salah satu hotel di Sukoharjo, sedangkan latihan praktik di Stadion Gelora Merdeka Sukoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menyebut hingga saat ini terdapat beberapa SSB di Sukoharjo yang belum memiliki pelatih berlisensi. Ada juga SSB yang memiliki pelatih berlisensi, tetapi baru pelatih kepala saja.

“Banyak SSB di Sukoharjo, namun hampir 50 persen pelatih yang ada belum berlisensi. Banyak potensi pemain sepak bola asal Sukoharjo di liga, artinya akar rumput Sukoharjo harus dikerjakan dengan serius, salah satunya dengan lisensi pelatih ini,” kata dia.

Baca Juga: Bek Asal Brasil Dikabarkan Segera ke Persis, Begini Tanggapan Jacksen

Dwi Joko menyebut pembiyaan kursus kepelatihan itu dibantu oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo. Hal itu dilakukan karena upah (penghasilan) pelatih sepak bola di akar rumput cenderung minim sehingga untuk membayar biaya lisensi, mereka cukup berat.

“Alhamdulillah Dispora membantu. Kami nanti akan segera mensyaratkan pelatih SSB harus berlisensi. Kami sempat menemui satu dua SSB minim pelatih lisensi. Dua tahun lagi rencananya kami akan menggelar lagi kursus ini,” kata dia.

Baca Juga: Jadwal Grup F Piala Asia U-20: Dibuka dengan Indonesia Vs Timor Leste

Ia menambahkan saat ini tercatat ada 74 pelatih berlisensi D di Sukoharjo. Dalam kursus itu ada seorang peserta khusus dari PSSI Pusat.

“Pelatihan meliputi teori dan praktik, instruktur Didik Listiyantoro. Dalam penutupan dihadiri oleh Kadispora Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho. Kami ucapkan terima kasih ke Dispora,” imbuh dia.

Baca Juga: Jadwal Grup B Piala Asia U-17: Indonesia Vs Malaysia di Laga Pamungkas

Sementara itu, Setyo Aji Nugroho, mengatakan sinergi itu bentuk komitmen pemerintah untuk membantu peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya pelatih sepak bola.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya