KABINET KERJA JOKOWI-JK : Buat Kereta Cepat, Indonesia Utang Tiongkok Rp645 Triliun

SHARE
KABINET KERJA JOKOWI-JK : Buat Kereta Cepat, Indonesia Utang Tiongkok Rp645 Triliun
SOLOPOS.COM - Agenda Presiden Jokowi di PT PAL, Sabtu (10/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/M Risyal Hidayat)

Kabinet Kerja Jokowi-JK bakal berutang kepada bank di Tiongkok untuk garap proyek infrastruktur kereta cepat.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintahan Kabinet Kerja Jokowi-JK kabarnya sedang menjajaki kemungkinan menerima pinjaman sebesar US$50 miliar atau sekitar Rp645 triliun dari Tiongkok.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Seperti dilansir kantor berita Antara, Jumat (24/4/2015), pinjaman dengan nilai yang cukup fantastis ini kabarnya akan dipakai untuk menggarap proyek infrastruktur di sejumlah daerah.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Salah satu proyek yang dipastikan akan digarap dengan utang ini adalah pembangunan transportasi umum berupa kereta cepat Jakarta-Bandung. Proyek kereta cepat itu sudah memasuki tahan finalisasi studi kelayakan.

Utang Rp645 triliun itu berasal dari Bank CBD dan ICBC.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, Indonesia harus berhutang ke bank Tiongkok lantaran perbankan BUMN dalam Negeri tidak mampu membiayai proyek infrastruktur. “Karena perbankan BUMN limitnya sudah sangat terbatas,” ungkapnya.

Dalam proyek kereta cepat ini tidak hanya Tiongkok yang bakal terlibat. Jepang melalui lembaga donor Japan International Cooperation Agency (JICA), sebetulnya baru merampungkan fase pertama studi kelayakan megaproyek tersebut.

Ia memastikan, bahwa kesempatan Jepang dan Tiongkok untuk menggarap kereta cepat ini masih kesempatan yang sama atau 50:50.

Dalam penggarapan proyek kereta cepat, pemerintah juga menggandeng BUMN Wijaya Karya untuk konsorsium dari Indonesia. Pihaknya menegaskan, tidak memberikan proyek ini kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) lantaran perusahaan itu sedang fokus menggarap jalur kereta trans Sumatera.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago