SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Empat hari setelah dilantik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum juga mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya dalam pemerintahan.

Meski demikian, Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah jika pemerintahan tidak berjalan.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Kan ada sekjen dan dirjen di kementerian. Jadi bukan berarti pemerintahan tak jalan. Nanti mereka kan lapor ke menteri,” kata Jusuf Kalla kepada pers di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (24/10/2014).

JK mengatakan, tidak ada istilah auto pilot dalam pemerintahan sekarang ini sekalipun susunan kabinet belum diumumkan.

“Tapi yang pasti secepatnya akan segera diumumkan. Bisa hari ini atau besok,” kata Wapres.

Dia kembali mengatakan pengumuman susunan kabinet tak bisa dilakukan secepat mungkin karena harus dilakukan dengan hati-hati untuk memilih calon menteri mengingat mereka akan menjalankan tugas selama lima tahun ke depan.

“Kita harus bisa memilih menteri yang bebas masalah dan kredibel. Jangan sampai memilih menteri yang ternyata bermasalah tapi harus profesional sehingga harus hati-hati,” katanya.

Menurut Wapres, seluruh calon menteri disaring dengan ketat dan namanya dimasukkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan setelah diperiksa menjadi bahan pertimbangan bagi Presiden Joko Widodo untuk bisa dipilih menjadi menteri atau tidak.

Dikatakan JK, pemilihan menteri sesuai dengan kemampuan dan tidak mendapat tanda merah dari KPK serta tidak melihat faktor usia.

“Siapa bilang menteri harus memiliki kriteria di bawah usia 60 tahun. Gak ada itu,” kata JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya