SOLOPOS.COM - HM Prasetyo (Istimewa/wikidpr.org)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia Corruption Watch (ICW) mengaku bahwa pihaknya mendapat kabar jika politisi Partai Nasdem, HM Prasetyo, telah dipinang Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Jaksa Agung yang baru. Sebelumnya, banyak kalangan yang meminta agar Jaksa Agung bukan dari kalangan parpol. Baca: Inilah Jaksa Agung Baru: Politisi Nasdem.

Penegasan tersebut disampaikan aktivis ICW, Emerson Yunto, dalam pesan singkatnya di Jakarta, Kamis (20/11). “Berita duka cita. Kami mendapat info bahwa M. Prasetyo, Politisi dari Partai Nasdem ditunjuk dan dilantik hari ini menjadi Jaksa Agung,” tuturnya. Baca: Inilah HM Prasetyo, dari Kejaksaan, Nasdem, hingga Jadi Jaksa Agung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Emerson Yunto, jika informasi yang telah diterima ICW tersebut benar, maka hal tersebut akan menjadi mimpi buruk bagi penegakan hukum dan komitmen dalam memberantas korupsi selama ini di Indonesia. “Semoga saja informasi ini tidak benar,” kata Emerson.

Emerson menambahkan, jika posisi Jaksa Agung diisi dari kalangan partai politik, maka dapat dijamin Kejaksaan Agung (Kejakgung) tidak lagi bisa independen dan rawan akan intervensi kekuatan politik. “Kita juga pesimistis jaksa agung dari politisi mampu membawa perubahan atau reformasi di kejaksaan serta mengembalikan kepercayaan publik kepada institusi ini,” ujar Emerson.

Sebelumnya beredar kabar beberapa nama yang akan menjadi jaksa agung menggantikan posisi Basrief Arief yang sudah selesai masa jabatannya. Nama-nama tersebut adalah Kepala PPATK M Yusuf, Deputi UKP4 Mas Achmad Santosa, Eks Kepala PPATK Yunus Husein, politisi Partai NasDem, M Prasetyo, Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto dan JAMpidsus Kejaksaan Agung, Widyo Pramono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya