SOLOPOS.COM - Kabareskrim Komjen Pol. Agus Andrianto (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto tak mau tinggal diam atas tudingan menerima uang setoran tambang ilegal di Kalimantan Timur.

Agus mengatakan hal itu hanya pengalihan isu belaka dari kelompok Ferdy Sambo.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Jika memang tambang ilegal itu menyeret namanya, menurut dia, tidak seharusnya Divisi Propam melepas Ismail Bolong yang mengaku menyetor dana Rp6 miliar kepadanya.

“Tanya saja ke anggota jajaran kelakuan Hendra Kurniawan dan Ferdy Sambo. Kenapa kok dilepas sama mereka kalau waktu itu benar,” ujar Agus saat dihubungi wartawan, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Dibidik Ferdy Sambo, Kabareskrim: Saya Serahkan kepada Allah SWT

Agus mengatakan bisa saja kedua orang tersebutlah yang yang menerima hasil uang setoran kasus dugaan tambang ilegal di Kalimantan Timur.

“Jangan-jangan mereka yang terima dengan tidak teruskan masalah lempar batu untuk alihkan isu,” ucapnya.

Sebelumnya, mantan Karopaminal Divpropam Polri, Hendra Kurniawan kembali buka suara mengenai adanya laporan hasil penyelidikan (LHP) terkait tambang ilegal yang berada di Kalimantan Timur sesuai dengan apa yang terdapat dalam video Ismail Bolong.

Baca Juga: Pengamat: Video Ismail Bolong Pukulan Telak bagi Praktik KKN Polri

Hendra mengatakan benar jika LHP tentang kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur dirinya yang memeriksa.

Namun dirinya tidak mengatakan lebih jauh dan meminta awak media kepada pejabat yang berwenang.

“Betul ya saya (yang periksa), tanyakan pada pejabat yang berwenang aja ya. Kan ada datanya, nggak fiktif,” ujar Hendra sambil tersenyum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Pengamat: Perintah Kapolri Menangkap Ismail Bolong Bisa Langgar HAM

Hendra juga mengiyakan dalam pemyelidikan kasus tambang ilegel di Kalimantan Timur tersebut menyeret nama Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto.

“Ya kan sesuai faktanya begitu,” ucapnya dengan senyuman kecil.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kabareskrim Tuduh Balik Ferdy Sambo Soal Uang Setoran Tambang Ilegal”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya