SOLOPOS.COM - Rossi, Malaysian GP 1996

Kabar pembalap datang dari Valentino Rossi.

Solopos.com, SOLO – Tanggal 31 Maret 2016 menjadi hari spesial bagi Valentino Rossi. Sebab tepat 20 tahun yang lalu, itulah hari saat ia memulai kariernya sebagai pembalap profesional untuk kali pertama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Start perdana Valentino Rossi dilakukan di kelas GP125 1996 di sirkuit Shah Alam, Selangor, Malaysia. Seperti dilansir laman Crash, Kamis (31/3/2016), kala itu Rossi masih berusia 17 tahun satu bulan saat direkrut tim AGV Aprilia dan menjadi joki motor RS125R.

Sebagai pembalap pemula (rookie), penampilan perdana sang VR46 bisa dibilang cukup cemerlang. Dalam sesi kualifikasi, Rossi menjadi pembalap tercepat ke delapan. Sedangkan saat race, pembalap Italia itu berhasil finis di urutan keenam atau tepat di belakang pembalap Emilio Alzamora, pria yang kini menjadi manajer Marc Marquez.

Pada seri berikutnya di sirkuit Automotodrom Brno, Ceko, Valentino Rossi untuk kali pertama keluar sebagai juara seri. Itu merupakan kemenangan perdana dari total 112 kemenangan yang ia kumpulkan hingga saat ini.

Baru setahun mengaspal, Rossi langsung menggenggam gelar juara dunia pertamanya ketika keluar sebagai pemuncak klasemen di seri pamungkas GP125 1997.

Karirnya melesat bagai roket, tahun 1998 ia naik ke kelas 250 cc dan menjadi juara dunia pada 1999. Tahun berikutnya, ia naik ke kelas 500 cc dan mendapat julukan The Doctor. Di kelas itu pula Rossi mendapat gelar juara dunia ketiganya pada 2001.

Kini, dua dekade sudah sang Velentinik ngebut di lintasan balap. Enam trofi juara dunia berikutnya ia dapatkan secara berturut-turut ketika ia bermain di Motogp 2002-2005 dan Motogp 2008-2009.

Capaian lainnya, Rossi juga mengoleksi 211 kali podium, 61 kali pole position, dan 93 kali pemilik lap tercepat. Tetapi layaknya sirkuit, perjalanan Valentino Rossi juga penuh kelokan tajam yang tidak selalu bisa dilewati dengan mulus.

Sang legenda hidup Motogp itu sempat terpuruk ketika merapat ke tim Ducati Corse pada Motogp 2011-2012. Terakhir, pembalap 37 tahun yang kini berseragam Movistar Yamaha itu gagal mendapatkan trofi gelar juara dunia ke-10 karena kalah dari rekannya satu timnya, Jorge Lorenzo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya