SOLOPOS.COM - Night Market Ngarsapura (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pasar malam bertajuk Night Market Ngarsopuro di sepanjang Jl Diponegoro depan Pura Mangkunegaran Solo bakal dibuka lagi mulai pekan depan.

Pasar malam yang buka hanya saat weekend atau akhir pekan tersebut sudah dua tahun tidak beroperasi karena pandemi Covid-19. Padahal sebelumnya pasar malam yang menjadi wadah bagi pelaku UMKM suvenir maupun kuliner khas Solo itu pernah menjadi ikon wisata malam Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Gibran: Night Market Ngarsopuro Solo Diperpanjang sampai Jl Gatsu

Gibran menambahkan Night Market Ngarsopuro akan dibuka lagi untuk semakin menghidupkan aktivitas ekonomi sekaligus memfasilitasi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Solo. Ia mengaku sudah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menyiapkan hal teknisnya.

“Pekan depan Night Market [Ngarsopuro] mau dijalankan lagi, ini baru persiapan. Nanti ketemu di sana. Itu sudah lama tutup kan. Kami siapkan pembaruan tenda-tenda. Tapi konsepnya sama, untuk memfasilitasi pedagang yang vakum. Kasihan,” tegasnya saat peluncuran acara Semarak Kampung Ramadan 2022 di koridor Jl Jenderal Sudirman, Solo, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Night Market Ngarsopuro Solo sampai Jl Gatsu, Parkir di Mangkunegaran

Gibran menyatakan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam. Potensi perputaran uang dan ekonomi selama Ramadan pun dinilai sangat besar. Untuk itu momentum tersebut harus disambut dengan penuh suka cita dan gembira.

Sebagai informasi, Night Market Ngarsopuro Solo telah ada sejak 2009. Pasar malam itu diresmikan pembukaannya oleh Wali Kota Solo Joko Widodo pada 16 Februari 2009. Night market hanya dibuka pada Sabtu malam pukul 17.00 WIB-22.00 WIB.

Baca Juga: Siap-Siap! Proyek Penataan Ngarsopuro & Gatsu Solo Dilelang Februari

Aneka barang yang dijual di stan-stan pasar malam itu utamanya produksi UMKM. Aneka batik, busana, mainan anak, peralatan sulap, suvenir khas Kota Solo, hingga kuliner tradisional bisa ditemukan di pasar malam ini.

Baru-baru ini, Wali Kota Solo Gibran mengungkapkan konsep penataan kawasan Pasar Pon, di mana salah satu rencananya adalah memperpanjang Night Market Ngarsopuro sampai koridor Jl Gatot Subroto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya