SOLOPOS.COM - Fitur baru WhatsApp bernama View Once. (Gambar: twitter)

Solopos.com, SOLO – Pengembang aplikasi WhatsApp melengkapi fitur baru untuk pelanggan, apa saja? Secara resmi, WhatsApp mengumumkan fitur foto bisa dikirim sebagai stiker dan pesan suara atau voice note dikonversi menjadi pesan teks.

Fitur baru mengubah foto menjadi kiriman stiker tersebut dipertegas dengan unggahan akun WhatsApp di twitter, Senin (18/9/2021). Unggahan itu sekaligus menjadi ilustrasi cara pengiriman video menjadi stiker.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang perempuan menunjukkan tatonya dan mengirim video dokumentasi menjadi stiker. “Stiker tato? tak harus video,” tulis WhatsApp di akun tersebut.

Baca Juga: Rumah Pendiri Google Terbakar, Warganet Amerika Justru Nyinyir

Sebelumnya, WhatsApp juga mengumumkan fitur ini melalui unggahan video berdurasi satu menit dua puluh detik. Bedanya, ilustrasi video pada unggahan tersebut mendemonstrasikan pengiriman foto menjadi stiker. “Bagikan apa yang anda inginkan, kapan pun, dengan siapa pun, secara pribadi dengan view once dengan Whatsapp,” tulis WhatsApp.

Dengan demikian, fitur baru ini dinamai dengan view once. Lalu bagaimana cara konversi video dan foto menjadi kiriman stiker?

Ada ikon bulat dan terdapat angka 1 di tengahnya. Ikon ini bisa ditemui pada kolom yang muncul setelah video atau foto diambil menggunakan kamera yang diakses melalui aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Voice Note di Whatsapp Kok Terdengar Lebih Cepat? Kenali Cara Ubah Setelannya

Ikon view once tersebut muncul di bagian ujung kanan kolom deskripsi atau biasa dipakai untuk menuliskan caption. Sebagai pembanding, sebelumnya Whatsaap telah membekali pilihan video menjadi GIF yang bisa diaktifkan dengan menekan ikon di bagian kanan atas layar.

Pesan Teks

Selain view once, Whatsapp juga menyiapkan fitur konversi pesan suara menjadi pesan teks. Sebagaimana dilansir Detik.com, WABetaInfo mengembangkan fitur baru ini untuk pembaruan iOS.

Proses transkripsi ini akan dikirim WhatsApp ke suatu server yang bukan server WhatsApp. Facebook selaku pemilik Whatsapp juga disebut tak terlibat dalam penyiapan fitur ini. Dan, pengembangan fitur ini bakal melibatkan teknologi Apple.

Baca Juga: Smartphone Baru Xiaomi: Redmi 10 Dijual Rp2 jutaan

Teknologi yang digunakan adalah speech recoghnition yang dirancang iPhone. Tentu saja, WhatsApp bakal meminta izin kepada pengguna sebelum fitur ini diaktifkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya