SOLOPOS.COM - Ade Juwita. (JIBI/Detik)

Kabar duka kepergian Ade Juwita mengungkap sejumlah fakta tentang dirinya.

Solopos.com, JAKARTA — Selama ini, tak banyak orang yang tahu nama asli mendiang komedian Ade Juwita. Setelah kabar duka kematiannya sampai ke publik, kini sejumlah fakta tentang sosok Ade pun terkuak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Semasa hidup, nama Ade Juwita melejit lewat film horor Si Manis Jembatan Ancol dan sitkom Lenong Rumpi. Berdasarkan rangkuman yang dilansir Liputan6 dari pelbagai sumber, Jumat (6/11/2015), Ade Juwita bernama asli Ade Libertifa.

Ade terlahir sebagai pria yang memiliki sisi feminim. Sisi feminim inilah yang lantas menjadi ciri khasnya di dunia hiburan Tanah Air.

Semasa hidup, Ade kerap beradu akting dengan Debby Sahertian, Harry De Fretes, dan Robby Tumewu. Demikian pula saat bermain di film Si Manis Jembatan Ancol pada 1993. Ade lekat dengan tampilan sebagai wanita dan tawanya yang menggelegar.

Sisi Fenimin Ade ini pulalah yang membuat ia doyan merawat diri. Kabarnya, Ade bisa menghabiskan uang sekitar Rp1 juta per bulan untuk dana perawatan kecantikan.

Ade suka dengan dunia feminim sejak kecil. Terbukti, waktu duduk di sekolah dasar (SD), Ade lebih suka main boneka dan rumah-rumahan dibanding berkumpul bersama anak-anak lelaki yang bermain mobil-mobilan.

Saat di sekolah menengah pertama (SMP), Ade senang berias dan membersihkan muka layaknya seorang perempuan tulen. Bahkan ketika sekolah menengah atas (SMA), komedian asal Papua tersebut mulai melirik lelaki. Namun, ia memutuskan untuk tidak menikah hingga akhir hayatnya.

Meski tampak selalu percaya diri, ternyata Ade juwita pernah merasakan krisis PD lantaran berpostur tubuh gemuk. Ia sempat frustrasi sampai harus ke dokter untuk menurunkan berat badannya.

Sahabat Ade, Harry De Fretes mengungkapkan sebelum mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Sorong, Jumat pagi, Ade pernah meleponnya dan minta agar dikirimi doa demi kesembuhannya.

“Sewaktu beliau ke rumah sakit sekitar tiga minggu lalu, masih sempat telepon saya dengan suara yang lemah. Ade sempat menghubungi saya, minta didoain supaya cepat sembuh,” ujar Harry De Fretes, sebagaimana dilansir Okezone, Jumat.

Sayang, karena jarak dan kesibukan masing-masing, Harry dan teman-teman artis Ade tak sempat menjenguknya. Hingga kemudian kabar duka kematian Ade Juwita tersiar. Ia meninggal karena penyakit yang berawal dari asam lambung. Lalu menjalar ke penyakit kelenjar getah bening yang membuatnya harus berbaring di rumah sakit sekitar satu bulan. Ade Juwita meninggal di RS Sorong pada 07.40 waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya