SOLOPOS.COM - K.H. Tamam Qaulani (Alm). (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Kabar duka meninggalnya Tamam Qaulani dan Prof. H.M. Zulfa membuat IAIN Salatiga kehilangan dua tokohnya dalam sehari.

Semarangpos.com, SALATIGA – Kabar meninggalnya Prof. H.M Zulfa dan Tamam Qaulani, Rabu (26/7/2017), membuat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Salatiga berduka. Dalam sehari itu, perguruan tinggi negeri di Kota Salatiga itu kehilangan dua tokoh besar.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Prof. H.M. Zulfa adalah salah seorang guru besar di IAIN Salatiga, sementara Tamam Qaulani dikenal sebagai pengajar di IAIN Salatiga dan kiai besar di Kota Salatiga. Tak salah jika Rahmat Hariyadi, seorang dosen di IAIN Salatiga, menyebut kedua tokoh itu memiliki kontribusi besar di salah satu kampus Kota Salatiga tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Tamam dan Zulfa meninggal dunia di hari yang sama. Hal itu dipaparkan Rahmat Hariyadi melalui akun Facebooknya, Rabu (26/7/2017) sekitar pukul 17.00 WIB. “Inna lillaahi wa inna ilaihi rojiuun. Telah dipanggil menghadap Allah, guru kita, sesepuh kita: 1. Prof. Dr. H. M. Zulfa 2. Drs. KH. Tamam Qaulani,” tulis Rahmat.

Tak lupa, ia memanjatkan doa atas kabar duka tersebut dengan mengatasnamakan IAIN Salatiga. “Keluarga besar IAIN Salatiga menyatakan duka yang mendalam atas kepergian beliau. Semoga Allah SWT menerima segala amal shalih almarhum, mengampuni segala khilaf dan dosanya, serta memberikan tempat yang terbaik di sisinya-Nya. Semoga kita dapat melanjutkan perjuangannya. Aamiin Ya Robbal alamiin,” ungkap Rahmat.

Seperti dikabarkan Semarangpos.com sebelumnya, jasad Tamam Qaulani disemayamkan di rumah duka di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikmah Al-Islamiyah, ponpes yang ia asuh semasa hidupnya, di Jl. Bukit Sawo, Bugel, Sidorejo, Kota Salatiga. Jasad Tamam baru dimakamkan di permakaman ponpes setempat, Kamis (27/7/2017) pukul 11.00 WIB.

[Baca juga: Ketua FKUB Salatiga Meninggal Dunia, Doa Warganet Menggema]

Sementara itu, informasi yang dihimpun Semarangpos.com dari warganet yang memberikan ucapan duka dalam kolom komentar kiriman milik Rahmat Hariyadi, jasad Zulfa dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kauman, Kota Salatiga, Rabu (26/7/2017) pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, jasad Zulfa sempat disemayamkan di rumah duka, Jl. Dliko Indah, Blotongan, Sidorejo, Kota Salatiga.

Selain warga IAIN Salatiga, banyak kalangan yang berduka atas meninggalnya dua tokoh di salah satu kampus di Salatiga tersebut. Terpantau Semarangpos.com, Wali Kota Salatiga Yuliyanto, melalui akun Facebooknya pun memberikan tanda respons atas kabar duka tersebut meski tak melontarkan komentar. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya