SOLOPOS.COM - Puluhan pelayat mendatangi rumah duka ayahanda Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi , Moch Sidiq di Manyaran, Semarang, Kamis (27/10/2016). (Imam Y.S/JIBI/Semarangpos.com)

Kabar duka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya ayahanda Menlu Retno L.P. Marsudi, Moch Sidiq.

Semarangpos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo tidak hadir melayat ke rumah duka ayahanda Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi, Moch Sidik, di Jl. Borobudur No. 20, Kelurahan Manyaran, Kota Semarang. Meski demikian, mendengar kabar meninggalnya Moch Sidik, Presiden Jokowi turut mengucapkan belasungkawa melalu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang hadir secara langsung ke rumah duka, Kamis (27/10/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan Semarangpos.com, Pratikno datang sekitar pukul 13.00 WIB. Ia datang dengan mengenakan baju batik lengan panjang serta peci. Sebelum kedatangan Pratikno, Menlu Retno dan suaminya, Agus Marsudi, datang lebih dulu di rumah duka setelah tiba dari Bali.

“Atas nama Presiden Jokowi dan keluarga, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarga, serta Pemerintah Indonesia mengucapkan ucapan duka cita sedalam-dalamnya. Kami yakin almarhum menabung amal jariyah yang besar, terbukti putra-putrinya berkontribusi bagi Indonesia dan kemanusiaan,” kata Pratikno saat upacara pelepasan jenazah Moch Sidik sebelum diberangkatkan ke permakaman.

Dari penuturan warga setempat diketahui Moch Sidik merupakan salah satu tokoh masyarakat di lingkungan setempat. Ia juga sosok penting sehingga kematiannya dirasa sebagai kehilangan besar bagi warga sekitar.

Moch Sidiq lahir di Boyolali pada 25 Mei 1934. Ia meninggalkan lima anak, yakni Retno L.P. Marsudi, Lego Priantoro, Tri Leksono, Retno Prabandari dan Retno Dianasari. Agus Marsudi suami Menlu Retno mewakili keluarga mengucapkan terima kasih atas kunjungan para pihak yang datang pada acara pelepasan jenazah mertuanya. Ia juga memohon maaf jika ada kesalahan yang dilakukan mertuanya semasa hidup.

“Kami mohon jika mendiang ayah meninggalkan hutang segera menghubungi keluarga kami,” imbuh Agus.

Sementara itu, Menlu Retno tak mengucapkan kata-kata apa pun pada upacara pelepasan itu. Ia yang baru datang dari Bali seusai menghadiri Indian Ocean RIM Association (IORA) terlihat berduka dengan mengenakan setelan warna hitam dan kerudung warna hitam. Ia datang ke rumah duka sekitar pukul 13.00 WIB dan langsung menyalami para pelayat.

Seusai upacara pelepasan, jenazah Moch Sidik disalatkan di masjid setempat. Jenazah kemudian diberangkatkan ke Tempat Permakaman Umum Bergota II, Semarang.

Ratusan orang tampak mengiringi keberangkatan jenazah Moch Sidiq. Selain itu, puluhan karangan bunga ucapan duka cita juga terpampang di sekitar rumah duka, baik dari para pejabat menteri kabinet Jokowi-Jusuf Kalla, maupun pemerintah Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya