SOLOPOS.COM - Yunahar Ilyas (muhammadiyah.or.id)

Solopos.com, SOLO -- Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. K.H. Yunahar Ilyas, Lc. tutup usia pada Kamis (2/1/2020), pukul 23.47 WIB di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta.

Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman, mengatakan sosok Yunahar merupakan ulama besar yang sangat tinggi dedikasi terhadap dakwah Islam.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Selain menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas juga merupakan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ekspedisi Mudik 2024

"Bahkan dalam kondisi kurang sehat pun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau," kenang Agus Taufiqurrahman, Jumat (3/1/2020), seperti dikutip dari laman muhammadiyah.or.id.

Agus Taufiqurrahman yang selama ini turut mendampingi Yunahar menjelaskan setelah dirawat di RSUP Sardjito, Yunahar semula dalam rangka persiapan cangkok ginjal.

"Namun karena kondisi Prof. Yun menurun kemudian dirawat di ICU," jelas Agus Taufiqurrahman.

Yunahar Ilyas merupakan putra kelahiran Bukittinggi, 22 September 1956. Dia menjadi anggota Muhammadiyah sejak tahun 1986. Yunahar menamatkan pendidikan dasar di Padang.

Dua gelar S1 diperoleh Yunahar Ilyas di Fakultas Usluhuddin Universitas Ibnu Riyadh (1983) dan Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol tahun 1984. Sedangkan pendidikan S2 dan S3 diselesaikan Yunahar di Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga pada tahun 1996 dan 2004.

Selama bermuhammadiyah, Yunahar Ilyas pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Baca pula: Bahtiar Effendy Wafat

Di luar Muhammadiyah, Yunahara Ilyas juga tercatat sebagai salah satu unsur ketua di MUI Pusat. Sehari-hari, Yunahar bekerja sebagai dosen/guru besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 1987.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya