SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Ibunda dalang kondang Ki Anom Suroto dan Warseno Slenk, Sawini Harjo Darsono, meninggal dunia pada usia 87 tahun, Rabu (1/5/2019) sore. Berdasarkan serat lelayu yang diedarkan, Sawini meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Islam Klaten karena sakit.

Warsina saat dihubungi Solopos.com, Rabu, membenarkan kabar tersebut. Sang ibu akan dimakamkan di Sasonoloyo Padepokan, Desa Juwiring, Klaten, Kamis (2/5/2019) pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, jenazah disemayamkan di kediamannya, Dukuh Kamongan, RT 01/02, Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mendiang Sawini meninggalkan 11 anak beserta mantu, para buyut dan cucu. Warseno mengatakan sang ibu bukanlah seniman andal seperti ayahnya. Tapi ia piawai menabuh gamelan dan nyinden.

Sementara dari semua anak hanya tiga orang yang menjadi dalang yaitu dirinya, Ki Anom, dan Ki Datmono. Disusul sang cucu Bayu Aji Pamungkas yang mulai dikenal sebagai dalang muda berbakat.

Bakat kesenian mereka diturunkan dari sang ayah, Ki Harjadarsana yang juga menjadi dalang kondang di Klaten. “Ibu bukan seniman tapi beliau pandai menabuh dan nyinden,” terang peraih Piala Presiden pada Festival Greget Dalang Solo pada 1995 ini saat ditanya soal kenangan bersama mendiang ibu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya