SOLOPOS.COM - Sartono, pencipta Lagu Hymne Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. (JIBI/Solopos/Antara/Siswidodo)

Kabar duka tentang kematian pencipta lagu Hymne Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa jadi perhatian awak media.

Madiunpos.com, MADIUN — Pencipta lagu Hymne Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, Sartono, 79, sakit setelah terjatuh dari tempat tidurnya, 17 Oktober 2014, sebelum akhirnya meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di RSUD Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (1/11/2915).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Tiwi selaku perwakilan keluarga Sartono, mengatakan mendiang wafat pada Minggu siang akibat komplikasi penyakit diabetes, darah tinggi, stroke dan pikun yang dideritanya selama beberapa tahun terakhir. “Bapak Sartono meninggal siang tadi. Sebelumnya kondisinya terus menurun sejak masuk ruang ICU,” ujar Tiwi kepada wartawan yang mengejar kabar akhir Sartono.

Menurut Tiwi, Sartono mulai menunjukkan tanda-tanda sakit Sabtu (17/10/2015) sekitar setengah bulan lalu, setelah terjatuh dari tempat tidurnya. Selain terjatuh, Sartono juga tidak mau makan dan merasakan sakit pada lengan kirinya.

Menyadari kondisi kesehatan Sartono terus menurun, keluarga memutuskan membawa Sartono ke rumah sakit, Selasa (20/10/2015) lalu. Sartono pun dirawat inap di Ruang Mawar RSUD Kota Madiun.

Tak lama, beberapa jam setelah itu, Sartono dipindah ke ruang Paviliun Cendana 10. Namun, akibat kondisinya yang terus menurun, sang guru itu akhirnya dipindah ke ruang ICU sejak Jumat, 30 Oktober lalu. “Tensi darah Bapak terus menurun dan napasnya juga tersengal-sengal,” kata dia.

Sembilan Lagu Pendidikan
Sartono merupakan mantan guru di sebuah yayasan swasta di Kota Madiun. Ia mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus Madiun.

Sebagai guru seni dan kecintaannya pada seni musik, Sartono lalu menciptakan lagu Hymne Guru yang berjudul Pahlawan Tanda Tanda Jasa. Dalam lagu itulah Sartono mengungkapkan kekaguman dan pujiannya kepada para pendidik yang tanpa pamrih, bagaikan pahlawan tanpa tanda jasa.

Selain Hymne Guru yang monumental itu, Sartono juga menghasilkan delapan judul lagu bertema pendidikan. Perhatiannya yang demikian serius dalam dunia pendidikan dan pengabdiannya sebagai guru, membuahkan penghargaan dari Mendikbud Yahya A. Muhaimin dan penghargaan Dirjen Pendidikan, Soedardji Darmodihardjo pada saat menciptakan lagu Hymne Guru.

 

KLIK DI SINI untuk Kisah Lain Sartono
 Kisah Haru Ide Lagu Himne Guru
 Motor Tua Pencipta Himne Guru
 Rela Jual Baju Bekas demi Berkarya
 Guru Sejahtera, Lirik Diminta Diubah 
 Melarat Sampai Tak Punya Alat Musik
 Hari-Hari Senja Pencipta Himne Guru
 Sering Mengulang Pembicaraan, Mengapa?
 Belum Punya Momongan, Ini Penjelasan Istri
 Idolakan Titik Puspa dan Waldjinah
 Tiada setelah 3 Hari Koma
Duka di ICU Pencipta Hymne Guru

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya