SOLOPOS.COM - Kabar duka Achmad Dzulkarnain alias Bang Dzoel, fotografer difabel asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Solopos.com, BANYUWANGI — Kabar duka datang dari dunia fotografi Indonesia. Fotografer difabel asal Banyuwangi, Jawa Timur, Achmad Dzulkarnain alias Bang Dzoel, meninggal dunia, Rabu (24/8/2022).

Kabar duka ini beredar di kalangan fotografer. Ucapan belasungkawa pun disampaikan berbagai pihak melalui media sosial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ikut menyampaikan belasungkawa melalui akun Instagram pribadinya @ganjarpranowo.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun. Ya Allah Mas Dzoel, kami bersaksi jenengan orang baik. Jadi inspirasi bahkan semangat siapapun untuk terus berkarya tanpa melihat ada keterbatasan. Beberapa kali kita ngobrol, dan beberapa kali jenengan bilang, bahwa keterbatasan itu akan hilang dg bersyukur,” terang Ganjar, Kamis (25/8/2022).

Baca jugaa : Lengkap! Ini Isi Surat Permintaan Maaf Ferdy Sambo ke Polri

Ganjar menambahkan, dia dan almarhum Bang Dzoel sudah memiliki janji untuk minum kopi bersama di akhir pekan.

“Padahal hari Minggu besok kita sudah janjian ngopi bareng di rumah jenengan. Tapi ternyata Allah berkehendak lain. Selamat jalan Mas @bangdzoel_ . Jembar padang kubur panjenengan,” imbuh dia.

Profil Bang Dzoel

Semasa hidupnya, Bang Dzoel dikenal sebagai fotografer penyandang disabilitas yang memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Sebelum menjadi fotografer, dia pernah bekerja sebagai penjaga warnet, petugas foto KTP, dan bekerja di kantor advokat.

Akan tetapi berkat kegigihannya dalam berkarya, lambat laun Bang Dzoel semakin dikenal. Karyanya dalam bidang fotografi pun diakui bahkan hingga kancah internasional.

Baca juga : Pulang ke Banyuwangi, Farel Prayoga Disambut Meriah Bupati Ipuk & ASN

Kisah menginspirasi dari sosok pria asal Banyuwangi itu pernah diunggah dalam laporan media internasinal Aljazeera pada 2017.

Meski tidak memiliki tangan dan kaki yang sempurna, dia tetap bisa melakoni pekerjaan sebagai fotografer andalan. Bahkan karyanya pun sangat luar biasa.

Butuh perjuangan yang tidak mudah bagi Bang Dzoel untuk menghasilkan gambar. Lantaran tidak memiliki jari, dia harus menempelkan badan kamera ke wajah.

Baca juga : Pengaruh Putri Diana Tetap Hidup Setelah 25 Tahun Kepergiannya

Dia bahkan menekan tombol power kamera menggunakan bibir. Bagian bawah tangannya yang kecil itu dipakai untuk menekan tombol shutter.

Selain piawai memotret, Bang Dzoel ternyata juga bisa bermain piano. Semangat hidup yang luar biasa itulah akhirnya yang membuatnya menjadi sosok menginspirasi bagi banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya