Kabar Baik! Vaksinasi di Wonogiri Mulai Sasar Pekerja Pabrik

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri mulai menyasar ke karyawan pabrik. Meski begitu, prokes tak boleh kendur.
Kabar Baik! Vaksinasi di Wonogiri Mulai Sasar Pekerja Pabrik
SOLOPOS.COM - Karyawan PT Nesia Pan Pacific saat mengikuti vaksinasi Covid-19 di kawasan perusahaan, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Rabu (28/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri mulai menyasar ke karyawan perusahaan atau pabrik. Meski pekerja telah divaksin, diharapkan perusahaan tetap menerapkan protokol kesehatan selama beroperasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Wonogiri, Ristanti, mengatakan sejumlah pabrik telah memulai vaksinasi. Bahkan sudah ada perusahaan yang menyelesaikan vaksinasi kepada pekerjanya. Namun, sebagian besar perusahaan di Wonogiri baru menyiapkan proses vaksinasi.

Ia mengatakan, perusahaan yang karyawannya telah divaksin yakni PT Deltomed Laboratories yang berlokasi di Kecamatan Selogiri. Perusahaan itu mengadakan vaksin kepada pekerjanya dengan biaya sendiri.

Baca Juga: Mbah Fanani, Sosok Pertapa Unik Dari Tanah Dieng

“Deltomed ini mengikuti program vaksin gotong-royong. Pihak perusahaan ngelink ke Biofarma kemudian disetujui. Akhirnya bisa vaksin mandiri dan saat ini sudah hampir 100 persen karyawannya divaksin,” kata Ristanti saat dihubungi Solopos.com, Rabu (28/7/2021).

Dia mengatakan, perusahaan yang saat ini tengah menggelar vaksinasi yakni PT Nesia Pan Pacific yang berlokasi di Kecamatan Ngadirojo. Perusahaan itu menggelar vaksinasi selama empat hari yang dimulai sejak Senin (26/7/2021).

“Digelar selama empat hari karena karyawan di perusahaan itu cukup banyak. Sasarannya sekitar 6.000 karyawan. Kalau PT Nesia itu vaksinasinya lewat Korea Association,” ungkap dia.

Sementara itu, perusahaan lain seperti PT. Top And Top Aparrel dan PT. Liebra Permana, tengah melakukan persiapan. Sehingga pelaksanaannya menyusul tidak bisa serentak. Vaksinasi di PT. Top And Top bekerjasama degan TNI dan perwakilan umat Buddha Indonesia (Walubi).

“Jadi ada banyak jalur vaksinasi kalau di perusahaan. Namun dalam pelaksanaanya tetap melibatkan pemerintah daerah, dibawah koordinasi Dinas Kesehatan. Sistemnya terpadu, petugas yang melakukan vaksinasi dari Puskesmas dan tim dari Polres Wonogiri,” ujar dia.

Meski seluruh karyawan telah divaksin, Ristanti berharap perusahaan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat selama beroperasi. Aturan yang selama ini sudah dilakukan harus tetap dijalankan. Sebab meski telah divaksin masih berisiko terpapar. Namun bisa mengurangi risiko gejala.

Ia juga berharap perusahaan lain di Wonogiri segera bisa menggelar vaksinasi. Dengan seperti itu roda ekonomi bisa berjalan baik. Sebab selama ini mobilitas atau aktivitas karyawan pabrik cukup tinggi.

“Tergetnya seluruh karyawan perusahaan bisa divaksin. Tapi memang tidak bisa 100 persen. Mungkin karena setalah terpapar harus menunggu tiga bulan dulu. Kemudian yang mempunyai penyakit bawaan tidak lolos skrining petugas,” kata Ristanti.

HRD PT Nesia Pan Pacific, Kristiatmojo, mengatakan target sasaran vaksinasi di perusahaannya sebanyak 6.100 orang. Selain diperuntukkan untuk karyawan pabrik, sekitar 200-300 dosis vaksin dialokasikan untuk lansia yang bertempat tinggal di sekitar perusahaan.

Baca Juga: Banyak Diserbu, Apotek di Kulonprogo Kehabisan Stok Multivitamin

“Lansia ini kan juga prioritas, maka juga kami perhatikan sebagai bentuk Corporate Social Responsibility [CSR] atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Ini sudah hari ketiga vaksinasi. Untuk hari terakhir besok diikuti oleh lansia warga sekitar,” kata dia, Rabu.

Dalam pelaksanaanya, kata dia, petugas yang melalukan vaksinasi berasal dari Puskesmas 1 Wonogiri dan petugas kesehatan dari Polres Wonogiri. Mereka dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri. Vaksinasi dimulai mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

“Sudah kami atur jadwalnya agar tidak berkerumun. Sebagian karyawan sudah divaksin. Sebagian juga tidak lolos skrining, tapi jumlahnya tidak banyak,” kata Kristiatmojo.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago