SOLOPOS.COM - NOICE Virtual Media Gathering, Kamis (16/12/2021).(Herlambang Jati Kusumo/Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Prospek industri podcast dan konten audio di Indonesia semakin cerah. Di Jogja penikmat atau pendengar podcast juga terbilang tinggi.

Salah satu platform konten audio lokal, NOICE mencatat Jogja sebagai sebagai salah satu dari 5 kota dengan pendengar podcast terbanyak di platform tersebut. Lebih dari 336.000 pengguna hingga saat ini berasal dari Jogja.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Kalangan pendengar konten audio yang didominasi oleh generasi milenial dan Gen-Z ini tidak hanya memanfaatkan podcast untuk mencari hiburan, tetapi juga sebagai sumber informasi mengenai topik atau tren terkini.

Geliat positif industri kreatif di Jogja pun mendorong NOICE untuk turut merangkul konten kreator serta insan kreatif di kota tersebut untuk bisa berkarya serta memaksimalkan potensi mereka di industri konten audio.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Wujudkan Konektivitas, IPCC Jalin Kerja Sama dengan Pelabuhan Belawan

Seperti halnya, Cerita Kampung Halaman merupakan podcast original NOICE yang dibawakan oleh Yusril Fahriza dan Candra Mukti. Podcast ini mengangkat segala cerita unik seputar kota Jogja.

Tidak hanya sebagai hiburan, namun podcast ini mengenalkan berbagai wilayah di Jogja, dan bisa menjadi nostalgia bagi orang yang pernah di Jogja.

“Jadi orang bisa tahu lebih dalam tentang Jogja, tidak hanya Malioboro, Jogja itu luas. Kami juga berkolaborasi dengan seniman-seniman di Jogja,” ucap Candra Mukti atau biasa disapa Mukti Entut, saat NOICE Virtual Media Gathering, Kamis (16/12/2021) seperti dilansir Harian Jogja.

Yusril menambahkan media podcast atau konten audio merupakan wadah yang tepat bagi mereka untuk berkarya menyampaikan cerita-cerita menarik dan unik tentang Jogja. Mendengarkan podcast rasanya seperti menjadi bagian dari obrolan seru bersama teman.

“Hal ini membuat kami juga merasa lebih dekat dengan para pendengar Cerita Kampung Halaman yang tidak hanya berada di Jogja, tapi juga di berbagai daerah di Indonesia. Dukungan dari NOICE sejauh ini sangat bermanfaat bagi kami dari segi pengembangan konten hingga promosi ke publik secara umum,” ucap Yusril.

Baca Juga: Omicron Sudah Masuk Indonesia, Apa Dampaknya Bagi Ekonomi?

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya mengatakan sebagai perusahaan karya anak bangsa, NOICE berbeda dengan platform konten audio lainnya, karena sangat memahami karakteristik konten yang disukai dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

“Jogja merupakan kota yang memiliki banyak insan kreatif dan kental dengan seni-budayanya. Untuk itu, kami yakin konten bercita rasa lokal yang mengangkat keunikan khas Jogja tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar di kota ini, bahkan bagi perantau yang rindu dengan kampung halamannya di Jogja,” ucapnya.

VP of Content, NOICE, Thomas Raditya menambahkan pihaknya memberikan berbagai dukungan dari mulai fasilitas studio dengan tim produksi yang diharapkan dapat memudahkan para kreator untuk membuat podcast originalnya di NOICE. “Dari segi teknologi, tersedia berbagai fitur, termasuk NOICE Live, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement antara kreator dan pengguna serta memungkinkan kreator untuk melakukan monetisasi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya