SOLOPOS.COM - Box culvet saluran air di sekitar simpang Joglo, Banjarsari, Solo, sebagian sudah terpasang dan beroperasi. Foto diambil Jumat (10/6/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pemasangan box culvert untuk relokasi saluran saluran air di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, saat ini sudah berjalan bahkan jika dilihat progresnya bisa selesai lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Pengamatan Solopos.com, Jumat (10/6/2022), sejumlah alat berat dan box culvert sudah ada di lokasi. Beberapa box culvert bahkan sudah terpasang dan teraliri air. Nantinya saluran air yang lama akan ditutup dan menjadi lokasi rel sementara saat rel layang dibangun.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Site Manajer Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, saat ditemui Solopos.com, Jumat (10/6/2022), mengatakan pemasangan box culvert di Simpang Joglo tidak menemui masalah. Bahkan, menurutnya, pekerjaan berjalan lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk pembangunan dan pemasangan box culvert sejauh ini cukup lancar, tidak ada masalah berarti. Bahkan secara progres, pemasangan box culvert lebih cepat satu hari dari jadwal yang targetnya selesai 15 Juni,” ujarnya.

Meskipun lebih cepat dari jadwal, Dendy menyebut tidak akan melakukan penundaan untuk pekerjaan selanjutnya. “Tidak ada jeda, kalau sudah beres nanti langsung pengerjaan detour track, jadi biar jalan terus proyeknya,” ujar Dendy.

Baca Juga: Poyek Rel Layang, Box Culvet Telah Siap di Simpang Joglo Solo

Rekayasa Lalu Lintas

Seperti diberitakan, saat ini pelaksana proyek rel layang Joglo tahap I tengah mengerjakan relokasi saluran air di Simpang Joglo. Pekerjaan ini berdampak pada manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) pada 7 Juni-8 Juli 2022 karena ada penyempitan jalan.

MRLL berlaku setiap hari pukul 21.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB untuk memperlancar proses relokasi saluran box culvert dan pekerjaan detour track KA di Simpang Joglo Solo. Dalam MRLL tersebut, kendaraan berat dialihkan ke jalan tol.

Selain itu akan ada penutupan simpang Joglo sisi utara pada 12-13 Juni dan 5-6 Juli serta penutupan Simpang Joglo sisi selatan pada 14-15 Juni dan 7-8 Juli. Selama pentupan simpang Joglo, kendaraan kecil dari arah Jl Ki Mangunsarkoro yang menuju simpang Joglo dialihkan ke Jl Ahmad Yani.

Baca Juga: Mulai Penyempitan, Begini Situasi Lalu Lintas Di Simpang Joglo Solo

Lalu kendaraan kecil dari arah Jl Sumpah Pemuda atau Jl Solo Purwodadi yang menuju simpang Joglo, dialihkan ke Jl Kolonel Sugiono menuju Jl A Yani. Rel layang Joglo yang berada di Kecamatan Banjarsari akan menjadi jembatan rel kereta api terpanjang di Indonesia.

Selain itu, pembangunan rel yang lebih banyak menggunakan pabrikasi ini, akan menggunakan struktur pipa, dan menjadi yang pertama di Indonesia. Sisi ikonik jembatan rel layang ini terletak pada bentang jembatan dan juga konstruksi yang akan digunakan kali pertama di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya