SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru. (Freepik.com)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora), segera melakukan perekrutan 622 guru dengan status pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Kepala Disdikpora Kabupaten Temanggung, Agus Sujarwo, mengatakan rekrutmen ASN PPPK untuk tenaga guru ini merupakan lanjutan dari formasi awal tahun 2021 yang merencanakan membuat 2.084 formasi. Dari 2.084 formasi itu telah terisi sekitar 1.462 formasi, sehingga tersisa 622 formasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebanyak 622 formasi ini segera diisi dan kami sudah diundang kementerian untuk segera melaksanakan rencana seleksi bagi sisa 622 PPPK guru,” jelasnya, Selasa (27/9/2022).

Kendati demikian, Agus mengatakan model seleksi PPPK kali ini berbeda dengan tahun 2021 lalu. Proses seleksi akan dibagi dalam tiga model, yakni pertama dikhusukan bagi guru-guru yang pernah ikut tes dan lolos passing grade tapi tidak mendapatkan kuota.

Ekspedisi Mudik 2024

“Teman-teman yang sudah lolos passing grade di Temanggung ada 118 orang yang tinggal penempatan. Penempatannya nanti diatur Kemendikbudristek,” jelasnya.

Baca juga: Pemerintah Buka Lowongan 1 Juta CPNS dan PPPK Tahun Ini

Kemudian bagi yang tidak lolos seleksi maka dia akan turun ke prioritas kedua. Prioritas kedua dan ketiga nanti model seleksinya juga berbeda dengan tahun 2021.

“Seleksinya itu disebut seleksi kesesuaian atau verifikasi, dia juga tidak tes tetapi seperti portofolio. Jadi tetap ada seleksinya tetapi kesesuaian dengan kompetensinya, sesuai dengan kinerjanya, kemudian diseleksi latar belakangnya plus wawancara,” katanya.

Meski demikian, proses seleksi kesesuaian nanti akan dilakukan oleh guru-guru senior, kepala sekolah, pengawas sekolah, Dinas Pendidikan dan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Baca juga: Pemkab Temanggung Lelang Tujuh Jabatan Tinggi, Ini Daftarnya

Peserta yang tidak lolos seleksi model kedua ini nantinya akan diberi kesempatan mengikuti seleksi model ketiga atau yang disebut prioritas empat. Model ketiga ini proses seleksinya hampir sama dengan tahun lalu yakni seleksi umum mulai dari awal menggunakan tes.

“Baik melalui seleksi 1, 2, dan 3 semuanya harus mendaftar di link yang sudah disediakan seperi PPPK sebelumnya di www.sscasn.co.id. Semuanya nanti mendaftar di situ untuk memperoleh akun pendaftaran. Akun pendaftaran untuk mengunggah data diri dan berkas-berkas. Setelah itu baru dilakukan penilaian dan seterseunya,” ujarnya.

Sementara itu, Agus mengaku rekrutmen ASN PPPK tenaga guru di Temanggung ini rencana pengumuman pendaftaran akan dilakukan September-Oktober 2022. Sementara proses seleksi diharapkan akan selesai pada bulan Desember 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya