SOLOPOS.COM - Candi Borobudur, menjadi situs Budha terbesar di dunia (Indonesia.go.id)

Solopos.com, MAGELANG — Kabar baik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur saat liburan Natal dan tahun baru atau Nataru nanti. Hal itu dikarenakan pihak pengelola candi yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) itu memperbolehkan wisatawan untuk naik ke bagian atas candi.

General Manager (GM) Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Jamaluddin Mawardi, mengatakan saat ini tengah melakukan simulasi terkait penerapan kebijakan naik ke atas candi. Nantinya, wisatawan yang akan naik ke atas candi juga diwajibakan menggunakan sandal upanat, alas kaki yang terbuat dari anyaman daun pandan atau sandal khusus naik ke atas Candi Borobudur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masih uji coba ini, agar saat diberlakukan untuk tamu [wisatawan] kondisinya sudah siap. Terus selain menggunakan alas kaki khusus [sandal upanat], skalanya [wisatawan naik ke atas candi] juga dibatasi,” kata Jamaluddin kepada Solopos.com, Jumat (9/12/2022).

Pembatasan itu, lanjut Jamaluddin, yakni dengan skala per hari hanya menerima 1.200 orang yang naik ke atas candi. Sedangkan untuk area sekitar Candi Borobudur, seperti Taman Lumbini tidak ada pembatasan.

Lebih lanjut, Jamaluddin pun berharap kunjungan wisatawan pada Nataru 2023 ini bisa seperti sebelum pandemi Covid-19. Bahkan, pihaknya menargetkan untuk kunjungan wisatawan nusantara (winus] saat libur Nataru nanti mencapai 27.000 orang, sedangkan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 331 orang.

Baca juga: Catat! Aturan Baru Naik Candi Borobudur

“Ini kan perdana buka setelah pandemi, jadi kita harapkan bisa meningkat [kunjungan wisatawan],” jelasnya.

Selain tengah menyiapkan simulasi untuk naik ke atas candi, TWC Borobudur juga tengah mematangkan persiapan-persiapan lainya seperti penyediaan kantong parkir hingga loket tiket tambahan.

“Secara rutin sudah persiapan. Termasuk sarana prasarana pendukung lainya yang pelu kita perbanyak,” imbuh dia.

Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Riyadi Kurniawan, tak menampik bila destinasi wisata Candi Borobudur akan banyak dikunjungi wisatawan saat libur Nataru 2023 nanti.

Baca juga: Simak Lur! Ini Alasan Naik ke Area Candi Borobudur Belum Diperbolehkan

“Tren wisata akan kembali normal. Tentunya, Borobudur juga akan banyak dikunjungi. Bahkan saat Idulfitri kemarin, itu [Candi Borobudur] menempati urutan ke dua kunjungan tertinggi di Jateng,” kata Riyadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya