Kabar Baik! 700 PKL di Karanganyar Diusulkan Dapat Kompensasi PPKM Darurat

Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar mengusulkan 700-an pedagang kaki lima (PKL) di tiga lokasi mendapatkan kompensasi.
SHARE
Kabar Baik! 700 PKL di Karanganyar Diusulkan Dapat Kompensasi PPKM Darurat
SOLOPOS.COM - Deretan PKL Alun-alun Karanganyar Jumat (24/7/2020). (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Kabupaten Karanganyar mengusulkan 700-an pedagang kaki lima (PKL) di tiga lokasi mendapatkan kompensasi.

Kepala Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar, Martadi, menyampaikan sudah mendata PKL di tiga lokasi, yakni Taman Pancasila, Alun-Alun Kabupaten Karanganyar, dan Stadion 45. Total PKL di tiga lokasi tersebut 700-an orang.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Dari data itu akan kami usulkan mendapatkan kompensasi. Kami usulkan kepada Pak Bupati [Karanganyar]. Kompensasi karena mereka mau menutup sementara usaha selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat [PPKM] Darurat,” kata Martadi saat berbincang dengan wartawan, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Cocok Untuk Ngegame, Ini Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 8

Ditanya bentuk kompensasi, Martadi menyampaikan belum memutuskan wujud kompensasi yang akan dibagikan kepada PKL tersebut. Fokus Disdagnakerkop dan UKM saat ini adalah menyiapkan data dan mengecek.

“Bentuknya [kompensasi] apa, kami matur Pak Bupati. Yang menerima PKL yang punya kartu anggota. Mereka yang tidak punya kartu kan enggak bisa. Dan di bawah binaan Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar. Kalau tidak sesuai data ya tidak bisa, mohon maaf. Data sudah dihimpun,” ujar dia.

Selain PKL di tiga lokasi tersebut, lanjut Martadi, Disdagnakerkop dan UKM akan berkoordinasi dengan Bupati Karanganyar perihal kemungkinan mendapatkan kompensasi. Tetapi, Martadi tidak dapat memberikan janji terkait itu.

Dihubungi secara terpisah, Koordinator Lapangan (Korlap) UKM Taman Pancasila, Iriyanto, membenarkan bahwa Pemkab Karanganyar melalui Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar akan memberikan kompensasi terkait PPKM Darurat.

“Kemarin [Rabu] sudah rapat di kantor Disdagnakerkop dan UKM. Intinya soal rencana pembagian kompensasi. Selain kompensasi, juga disebutkan soal vaksinasi. Kan PKL belum semua mendapatkan vaksin Covid-19. Sudah didata kok. Di Taman Pancasila sendiri ada 250 orang,” kata Iriyanto saat dihubungi Solopos.com, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Mantan Menteri KKP Edhy Prabowo Divonis 5 Tahun Penjara

Soal bentuk kompensasi, Iriyanto membocorkan bahwa mereka akan mendapatkan kompensasi dalam bentuk uang. Dia menduga nilainya sama dengan kompensasi yang diterima kali terakhir.

“Bentuk kompensasi kemungkinan uang Rp300.000. Kan kami pernah mendapat kompensasi beberapa kali selama pandemi Covid-19. Pernah sembako lalu uang kompensasi Rp300.000. Nah ini kemungkinan uang lagi,” tutur dia.

Iriyanto menyampaikan Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar mengundang koordinator PKL untuk membahas mekanisme pembagian kompensasi tersebut. “Ini baru saja dapat undangan lewat grup. Besok rapat untuk membahas mekanisme pembagian supaya tidak menimbulkan kerumunan.”



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago