SOLOPOS.COM - Sejumlah penumpang mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan Pulau Jawa di Stasiun Gambir, Jakarta. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah kereta api atau KA jarak jauh kembali beroperasi secara reguler selama November 2020 termasuk yang lewat stasiun wilayah Solo.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta menjalankan 12 rangkaian KA jarak jauh tambahan. Hal itu untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat yang meningkat tajam pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad dan cuti bersama, 28 Oktober-1 November 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya, KA jarak jauh biasanya beroperasi hanya saat akhir pekan selama masa pandemi Covid-19. Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan pada masa pandemi KAI membatasi jumlah KA reguler jarak jauh.

Tambah 57 Kasus Konfirmasi Positif Dalam 2 Hari, Ini Perkembangan Terakhir Covid-19 Solo

Pengoperasian KA tambahan jarak jauh termasuk yang lewat Solo perlahan ditambah pada waktu tertentu seperti akhir pekan dan libur panjang.

“Pada momen libur panjang akhir pekan lalu jumlah penumpang KA melejit. Jumlah penumpang KA wilayah Daops VI sebanyak 31.270 orang,” ujarnya kepada Solopos.com, Minggu (8/11/2020).

Eko mencatat jumlah sebanyak itu adalah total penumpang yang berangkat maupun yang datang dalam wilayah Daops VI pada 27 Oktober-2 November 2020. Penumpang terbanyak melalui Stasiun Kota Yogyakarta, yakni 13.912 penumpang.

Pengungsi Merapi Klaten: Suara Gemuruh Gludag-Gludug Bikin Waswas!

Penumpang Mudik

Sedangkan jumlah penumpang melalui Stasiun Solo Balapan sebanyak 4.178 orang, sementara Stasiun Purwosari sebanyak 1.557 orang.

Pada sisi lain, lonjakan penumpang mudik terbanyak terjadi pada 30 Oktober 2020, yakni 3.794 orang. Sedangkan arus balik penumpang paling banyak pada 1 November sebanyak 8.883 orang.

Ia menegaskan KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan. Protokol tersebut seperti pelanggan harus dalam kondisi sehat dan menunjukkan surat bebas Covid-19 (tes PCR/rapid test) yang masih berlaku yakni 14 hari sejak terbit.

Pemkab Klaten Segera Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Merapi

Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Selain itu, sejumlah KA jarak jauh beroperasi secara reguler dari dan ke Solo setiap hari pada November 2020.

KA tersebut antara lain untuk Stasiun Solo Balapan relasi Solo-Gambir pergi pulang (PP) ada KA Argo Lawu Luxury, KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, dan KA Bima.

Sedangkan untuk Stasiun Purwosari relasi Solo-Pasar Senen PP ada KA Bengawan dan untuk Stasiun Jebres relasi Solo-Pasar Senen ada KA Matarmaja dan KA Brantas.

20-An Pegawai Tertular Covid-19, RSUD Ngipang Solo Batasi Pelayanan

Harga Tiket

Relasi Solo-Bandung PP untuk Stasiun Solo Balapan ada KA Argo Wilis dan KA Turangga serta Stasiun Purwosari ada KA Kahuripan.

Dari pantauan Solopos.com melalui aplikasi KAI Access, KA jarak jauh dari Stasiun Solo Balapan keberangkatan Selasa (10/11/2020) ada KA Argo Lawu (Rp270.000-Rp330.000), KA Argo Dwipangga (Rp270.000-Rp330.000). Kemudian KA Bima dengan harga tiket Rp410.000-Rp460.000.

Dari Stasiun Purwosari ada KA Bengawan dengan tiket seharga Rp74.000 dan dari Stasiun Jebres ada KA Matarmaja seharga Rp150.000-Rp180.000 dan KA Brantas dengan harga tiket Rp140.000-Rp160.000.

Seratusan Warga Solo Bagikan 25.000 Stiker #Jaga Indonesia, Apa Tujuannya?

Kepala Stasiun Purwosari, Wagimin, menambahkan KA jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Purwosari adalah KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen PP. KA kelas ekonomi ini jalan setiap hari dengan harga tiket Rp74.000.

“Untuk KA Bengawan, mau libur panjang atau tidak tetap banyak penumpangnya. Selama masa pandemi ini kapasitas kami batasi maksimal 70% dari total muatnya. KA ekonomi ini harga tiketnya murah cuma Rp74.000,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya